Yuk Kita Sambut Bulan Ramadhan

Bulan Puasa
RIEFSAZBLOG. Marhaban Yaa Ramadhan. Tidak ada bulan yang sedemikian penuh keberkahan dan kemuliaan melebihi Ramadhan, Bulaan ini menerbarkan Rahmat, Ampunan dan pemebebasan dari api neraka bagi hamba-hamba Nya. akan teteapi Sesungguhnya syetan juga menyiapkan godaan-godaan sebelum ia dibelenggu dengan berbagai program-program melalaikan, seperti: sinetron, film-film, permainan-permainan, dan semisalnya. Oleh karenanya, kaum muslimin harus benar-benar dalam mengadakan persiapan menyambut Ramadhan ini. Sungguh bahagia orang yang bisa memanfaatkan Ramadhan dari hari pertama sampai terakhirnya,
Bagaimana Menyambut Ramadhan

  • Dengan doa. Kita berdoa kepada Allah agar menyampaikan umur kita kepada bulan yang mulia ini. Karenanya, kita berdoa kepada Allah agar membantu kita dalam mempersiapkan bekal terbaik menyambut Ramadhan dan dalam menjalankan amal-amal.
  • Dengan menjaga hati terhadap kaum muslimin. Yakni jangan sampai ada kebencian dan permusuhan antara kita dan saudara muslim kita. 
  • Memperhatikan amal-amal wajib, seperti shalat berjamaah lima waktu sehingga saat Ramadhan tiba tidak ada pahala besar yang luput dari kita. 
  • Membiasakan shalat malam, doa, tilawatul Qur'an sehingga kita tidak melemah di pertengahan jalan. 
  • Membaca dan mempelajari hukum-hukum puasa dari berbagai kitab, kaset rekaman ceramah para ulama dan dai.
  • Persiapan untuk dakwah dengan sarana-sarana yang memungkinkan. Misalnya, mengadakan kajian-kajian, menyebarkan buletin dakwah, membagi buku-buku keislaman dan selainnya. 
  • Membiasakan diri dengan akhlak baik dan menjauhi akhlak-akhlak tercela. Ini bisa dengan merujuk kepada kitab-kitab dan bertanya kepada orang-orang shalih perihal akhlak mulia yang diagungkan dalam Islam.
  • Membuat jadwal kegiatan di Ramadhan, seperti kapan membaca Al-Qur'an, kapan berkunjung ke saudara atau kawan, kapan bersilaturahim, kapan memberikan santunan, sedekah dan semisalnya.
  • Ikut andil dalam memberikan hidangan berbuka. Ini bisa dengan mengusulkan kepada pengurus masjid untuk mengadakan buka puasa bersama. Minimal, sekali selama Ramadhan. Lebih baik lagi kalau bisa setiap hari.

Semoga Allah memberikan kesempatan kepada kita mendapai Ramadhan di tahun ini. Memberi taufiq untuk beramal shalih dan berbuat kebajikan sebayak-banyaknya di bulan yang mulia. Memberkahi umur dan waktu kita untuk menghiasinya dengan nilai-nilai hasanah di bulan berkah. Amiin!! 

Sucikan hati, Bersihkan diri dari pikiran dan perbuatan yang dilarang Allah.
Selamat Menunaikan Ibadah Ramadhan ;)
Semoga Bermanfaat.

3 komentar:

Silahkan sobat tinggalkan jejak di bawah ini...NO.SPAM
Dengan Memberikan Komentar Secara Otomatis akan Mendapatkan Pagerank, Traffic dan Backlink.