Halo Brother ! | Members area : Register | Sign in
About me | Toko OL | Arsip | Terms of Use | Dcma Disclaimer
Powered by Blogger.

Artikel Pilihan

Cari Penghasilan Tambahan, Klik !!!

Chatt. Komentar

:: Get this widget ! ::

Mau Dapat Uang dari Blog ini
Mau buka usaha tanpa modal, mudah, dijamin anda ketagihan dan tidak repot, bisa dilakukan dimana dan darimana saja.Klik!
Home » » Tips Cara Mengurus STNK Hilang

71 Tips Cara Mengurus STNK Hilang

MENGURUS STNK HILANG DAN PASAL YANG BERLAKU

RIEFSAZ BLOG. Apakah Anda sedang kehilangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)?  Agar kendaraan itu tetap tenang dibawa dalam perjalanan, maka mau tidak mau kita harus memutuskan untuk mengurus STNK motor yang hilang tersebut.

Karena STNK hilang, yang pertama harus dilakukan adalah mengurus Surat Kehilangan dari Polsek setempat. Jangan lupa untuk mengecek kembali nomor rangka dan nomor mesin yang tertera di BPKB Anda di mana itu semua harus sesuai dengan surat kehilangan yang Anda terima.  

Berikut akan kita uraikan bagaimana mengurus STNK yang hilang:
Persyaratan untuk mengurus STNK  yang hilang adalah sebagai berikut:
1.      KTP (Kartu Tanda Penduduk) pemilik kendaraan yang tercantum di STNK.
2.      Fotokopi KTP yang disebutkan di Nomor 1.
3.      Fotokopi STNK yang lama (hilang).
4.      Surat keterangan hilang dari Polsek terdekat.
5.      BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) terkait.

Khusus untuk BPKB kendaraan yang masih kredit, siapkan fotokopi BPKB dan surat pengantar dari perusahaan kredit terkait. Selanjutnya semua persyaratan di atas dibawa ke Polda Metro Jaya (atau instansi lain yang berwenang) atau kantor Samsat.  Di Tangerang Selatan ada Samsat Ciputat dan Samsat BSD. Datangi  bagian pengesahan BPKB untuk mendapatkan surat keterangan pengesahan.

Prosedur pengurusan Surat Keterangan Pengesahan adalah sebagai berikut:
1.    Mengisi formulir pendaftaran di bagian Pengesahan BPKB.


2.    Serahkan formulir pendaftaran yang sudah diisi beserta persyaratan tersebut di atas ke bagian pengesahan BPKB.


3.    Mengambil kembali semua persyaratan di atas dan surat keterangan pengesahan yang sudah siap.

Kalau semua persyaratan di atas sudah selesai diurus, STNK yang hilang sudah siap diurus di Kantor Samsat setempat.

Prosedur pengurusan STNK hilang adalah sebagai berikut:
1.    Cek fisik kendaraan.
Lakukan cek fisik kendaraan bermotor untuk mendapatkan keterangan resmi nomor mesin dan nomor rangka kendaraan terkait.


2.    Mengisi formulir Pendaftaran di bagian Tata Usaha.


3.    Mengurus surat keterangan STNK hilang dari Samsat.
Semua persyaratan yang dibawa dan formulir pendaftaran yang sudah diisi diserahkan ke loket STNK hilang. Surat keterangan STNK hilang ini berbeda dengan surat keterangan hilang dari Polsek setempat. Surat tersebut berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. 


4.    Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II.
Loket BBN II adalah loket untuk pengurusan balik nama, tukar warna, dan rubah bentuk. Di loket ini kita serahkan semua persyaratan dan surat keterangan STNK hilang.


5.    Pembayaran pajak kendaraan bermotor.
Berkas-berkas yang kita serahkan akan diurus. Kalau tidak ada masalah, kita akan dipanggil untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor. 


6.    Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).
Selain STNK dan SKPD, KTP asli pemilik kendaraan juga akan kita ambil kembali.

JAKARTA (Pos Kota)-Undang-undang Lalu Lintas Angkutan Jalan (UULLAJ) Nomor 22 Tahun 2009 sudah diundangkan dan segera diterapkan oleh Polri. Untuk itu sosialisasi terus dilakukan termasuk pasal-pasal mana saja yang penting diketahui oleh pengendara.
Inilah pasal yang penting diketahui masyarakat luas seperti dilansir dari TMC Polda Metro Jaya.
1. Setiap Orang
Mengakibatkan gangguan pada : fungsi rambu lalu lintas, marka jalan, alat pemberi isyarat lalu lintas fasilitas pejalan kaki, dan alat pengaman pengguna jalan.

Pasal 275 ayat (1) jo pasal 28 ayat (2)
Denda : Rp 250.000

2. Setiap Pengguna Jalan
Tidak mematui perintah yang diberikan petugas Polri sebagaimana dimaksud dalam pasal 104 ayat ( 3 ), yaitu dalam keadaan tertentu untuk ketertiban dan kelancaran lalu lintas wajib untuk : Berhenti, jalan terus, mempercepat, memperlambat, dan / atau mengalihkan arus kendaraan.

Pasal 282 jo Pasal 104 ayat (3)
Denda : Rp 250.000

3. SETIAP PENGEMUDI ( PENGEMUDI SEMUA JENIS RANMOR ).
a. Tidak bawa SIM

Tidak dapat menunjukkan Surat Ijin Mengemudi yang Sah
Pasal 288 ayat (2) jo Pasal 106 ayat (5) hrf b.
Denda : Rp 250.000

b. Tidak memiliki SIM
Mengemudikan kendaraan bermotor di jalan,tidak memiliki Surat Izin Mengemudi

Pasal 281 jo Pasal 77 ayat (1)
Denda : Rp 1.000.000

c. STNK / STCK tidak Sah
Kendaraan Bermotor tidak dilengkapi dengan STNK atau STCK yang ditetapkan oleh Polri.

Psl 288 ayat (1) jo Psl 106 ayat (5) huruf a.
Denda : Rp 500.000

d. TNKB tidak Sah
Kendaraan Bermotor tidak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Polri.

Pasal 280 jo pasal 68 ayat (1)
Denda : Rp 500.000

e. Perlengkapan yang dapat membahayakan keselamatan.
Kendaraan bermotor di jalan dipasangi perlengkapan yang dapat menganggu keselamatan berlalu lintas antara lain ; bumper tanduk dan lampu menyilaukan.

Pasal 279 jo Pasal 58
Denda : Rp 500.000

f. Sabuk Keselamatan
Tidak mengenakan Sabuk Keselamatan

Psl 289 jo Psl 106 Ayat (6)
Denda : Rp 250.000

g. lampu utama malam hari
Tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari dan kondisi tertentu.

Pasal 293 ayat (1)jo pasal 107 ayat (1)
Denda : Rp 250.000

h. Cara penggandengan dan penempelan dengan kendaraan lain
Melanggar aturan tata cara penggandengan dan penempelan dengan kendaraan lain Pasal 287 ayat (6) jo pasal 106 (4) hrf h

Denda : Rp 250.000
i. Ranmor Tanpa Rumah-rumah
Selain sepeda motor, mengemudikan kendaraan yang tidak dilengkapi dengan rumah –rumah, tidak mengenakan sabuk keselamatan dan tidak mengenakan Helm.

Pasal 290 jo Pasal 106 (7).
Denda : Rp 250.000

j. Gerakan lalu lintas
Melanggar aturan gerakan lalu litas atau tata cara berhenti dan parkir

Pasal 287 ayat (3) jo Pasal 106 ayat (4) e
Denda : Rp 250.000

k. Kecepatan Maksimum dan minimum
Melanggar aturan Batas Kecepatan paling Tinggi atau Paling Rendah

Psl 287 ayat(5) jo Psl 106 ayat (4) hrf (g) atau psl 115 hrf (a)
Denda : Rp 500.000

l. Membelok atau berbalik arah
Tidak memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan saat akan membelok atau berbalik arah. Pasal 294 jo pasal 112 (1).

Denda : Rp 250.000
m. Berpindah lajur atau bergerak ke samping
Tidak memberikan isyarat saat akan berpindah lajur atau bergerak kesamping.

Pasal 295 jo pasal 112 ayat (2)
Denda : Rp 250.000

n. Melanggar Rambu atau
Marka Melanggar aturan Perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu lalu lintas atau Marka

Psl 287 ayat(1) jo psl 106(4) hrf (a) dan Psl 106 ayat(4) hrf (b)
Denda : Rp 500.000

o.Melanggar Apill ( TL )
Melanggar aturan Perintah atau larangan yang dinyatakan dengan alat pemberi isyarat Lalu Lintas. Psl 287 ayat (2) jo psl 106(4) hrf (c)

Denda : Rp 500.000
p.Mengemudi tidak Wajar
- Melakukan kegiatan lain saat mengemudi

-Dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan
Pasal 283 jo pasal 106 (1).
Denda : Rp 750.000

q.Diperlintasan Kereta Api
Mengemudikan Kendaran bermotor pada perlintasan antara kereta api dan jalan, tidak berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, Palang Pintu Kereta Api sudah mulai ditutup, dan / atau ada isyarat lain.

Pasal 296 jo pasal 114 hrf (a)
Denda : Rp 750.000

r. Berhenti dalam Keadaan darurat.
Tidak Memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat dijalan.

Pasal 298 jo psl 121 ayat (1)
Denda : Rp 500.000

s. Hak utama Kendaraan tertentu
Tidak memberi prioritas jalan bagi kendaraan bermotor memiliki hak utama yang menggunakan alat peringatan dengan bunyi dan sinar dan / atau yang dikawal oleh petugas Polri.

a. Kend Pemadam Kebakaran yang sedang melaksanakan tugas
b. Ambulan yang mengangkut orang sakit ;
c. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan
lalu lintas;
d. Kendaraan Pimpinan Lembaga Negara Republik
Indonesia;
e. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta Lembaga
internasional yang menjadi tamu Negara;
f. Iring – iringan pengantar jenazah; dan
g. Konvoi dan / atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut
pertimbangan petugas Kepolisian RI.
Pasal 287 ayat (4) jo Pasal 59 dan pasal 106 (4) huruf (f) jo Pasal 134 dan pasal 135.
Denda : Rp 250.000

t. Hak pejalan kaki atau Pesepeda
Tidak mengutamakan pejalan kaki atau pesepeda

Pasal 284 jo 106 ayat (2).
Denda : Rp 500.000 (binsar)

Baca juga : Cara Memblokir Kendaraan Agar tidak Terkena Pajak Progresif


Semoga Bermanfaat.

Mau menambah penghasilan dari blog ini, caranya mudah dan dijamin ketagihan. Klik : RIEFSAZ ONLINE STORE

Ingin Foto anda terpajang diblog ini Klik : Disini !

Admin : Bang Kamplenk - Media Inspirasi -Solusi-Artikel -Tips Trik -Tutorial Blog

riefsazAnda telah membaca Tips Cara Mengurus STNK Hilang. Sobat boleh Menyebarluaskan artikel ini, Jangan lupa mencantumkan link di bawah ini sebagai sumbernya agar terhidar GOOGLE PANDA Ingin bertukaran Link klik Tukeran Link Ingin selalu terhubung dengan blog ini klik Follow Me, I Follow Back

71 komentar:

  1. Saya di Jayapura. Saya baru saja kehilangan STNK yang bukan atas nama saya, STNK tsb hilang bersama KTP asli saya. Saya skrg hanya pegang fotocopy KTP saya & fotocopy KTP pemilik motor. BPKB masih blm keluar karena motor baru 1 bulanan diterima dari dealer. Saya bingung.... Mohon bantuannya.....

    ReplyDelete
  2. Sobat Jangan bingung dan panik...
    Berati kasus anda beli motor Cash ya bukan kredit
    "Persyaratan dibaca dipaling atas",
    apabila BPKB belum dapat anda bisa minta surat keterangan dari Dealar/Leasing tersebut kalau tidak bisa ya menungu sampai BPKBnya jadi ;)

    ReplyDelete
  3. mau tanya..

    kalau tidak ada fotocopy STNK yang hilang bagaimana?

    Trims

    ReplyDelete
  4. @It's MeAnda cukup membawa KTP atas nama motor, tapi biayanya agak mahal hampir 400rb

    ReplyDelete
  5. 400 ribu itu ngurus sendiri kan ga pake calo?

    ReplyDelete
  6. @It's Mewaktu itu saya pakai Biro Jasa, kalau ngurus sendiri kisaran 300 ribuan bro...

    ReplyDelete
  7. trus kalau ktp pemilik aslinya gak ada gimana bang?

    ReplyDelete
  8. Saya pernah jual motor hampir 3 tahun yang beli tidak pernah datang lagi blm lama dia datang minta dibikinin surat pelepasan/ kwitansi utk Baliknama trus saya tanya lah kemarin perpanjang motor ini gimana...dengan agak malu dimenjawab selama ini saya NEMBAK !! dor..dorr...dorr...
    (Duit berbicara semuanyapun bisa )

    ReplyDelete
  9. Kalo bpkb masih kredit, kita minta fotocopyan bpkb dan surat pernyataan ke leasing. Trus untuk pengesahan bpkb nya di polda atau di samsat bisa neh bang ? Ente kan bilang diatas di samsat jg bisa. Dan fotocopyan stnk bukannya syarat yg ga mutlak ya bang ?

    ReplyDelete
  10. Kalau STNK hilang dan pajak mati udh 3 bln, rencana sy mau mutasi ke propinsi lain dgn nama tetap diperkirakan brapa kira-kira bang

    ReplyDelete
  11. Sy mau ganti stnk karena hilang dan pajak mati 3 bln, krn sy pindah ke propinsi lain rencana sy mau mutasi, bgmna prosedurnya dan kira2 brp besar biaya pengurusannya

    ReplyDelete
  12. @Anonymous : Fotocopi Stnk memang salah satu syarat harus dilampirkan...tetapi bila tidak adapun msh tetap bisa, Asalkan anda merogoh kantong anda lebih dalam lagi ;)

    @Zainal : Prosedurnya :
    Pertama
    Bawalah motor anda ke samsat atau Polda Metro Jaya bila motor anda masih di Ibukota. Geseklah nomer rangka dan nomer mesin dengan bantuan petugas. Bila motor anda sudah terlanjur dibawa ke daerah anda, silakan minta gesek ke samsat setempat, lalu bawalah gesekan tersebut ke samsat Ibukota.

    Kedua
    Daftarkanlah hasil gesekan ke bagian cek fisik sehingga anda mendapatkan surat keterangan pengantar mutasi.

    Ketiga
    Mintalah formulir mutasi ke bagian informasi atau loket pendaftaran lalin isilah formulir tersebut.

    Ke empat
    Daftarkanlah mutasi anda ke bagian loket pendaftaran mutasi, lalu tunggu sekitar 1-1,5 bulan berkas mutasi anda akan beres, ambil dan bawa ke samsat tujuan. Ketika anda mendaftar mutasi bawalah semua perlengkapan berikut:

    BPKB asli beserta copiannya
    STNK asli beserta copiannya
    KTP anda asli beserta copiannya
    Formulir pendaftaran yang telah diisi
    Pengantar hasil cek fisik
    Kwitansi pembelian bermaterai dari pemilik pertama

    Proses di atas kurang lebih 45 menit selesai dengan biaya 250-an ribu untuk motor, dan untuk mobil minimal 650.ribu.

    B. Pendaftaran Berkas Ke Daerah Tujuan

    Pertama
    Bawalah berkas pengantar mutasi dari daerah asal (Jakarta) lalu daftrkan ke daerah tujuan anda. Setelah selesai mendaftar mintalah setempel pengesahan dari Polda setempat (misal anda di Madiun mintalah ke Surabaya, ini hanya memerlukan waktu 15 menit bila anda sudah di surabaya).

    Kedua
    Serahkan semua berkas anda kembli ke samsat setempat, lalu tunggu sekitar 2 minggu berkas anda akan siap, anda akan mendapat STNK, BPKB, dan Plat Nomor baru sesuai nama anda. Proses ini membutuhkan dana sekitar 200-an ribu.

    Perlu di ingat bila anda mengurus hindarilah calo, karena hanya akan membuat dana membengkak 3 kali lipat. kalaupun anda malas ngantri lebih baik minta bantuan polisi setmpat ini akan lebih murah.

    Penting : Sebelum berkas diserahkan harap dicopy semua untuk jaga-jaga apabila hilang didalam ;)

    ReplyDelete
  13. STNK yg hilang dalam keadaan berlaku belum habis masa waktu, terus saat mengurus proses ganti STNK baru dipungut biaya yg lumayan mahal, pertanyaan apakah pembayaran itu sah secara konstitusi atau ulah oknum dan calo?

    ReplyDelete
  14. Stnk hilang kok disuruh nyertain fotokopi stnk..
    Aneh ni indonesia..

    ReplyDelete
  15. Anony1 : mgkn secara konstitusi sah-sah saja,sama -sama membutuhkan tapi secara agama ya tidak sah;)

    Anony2 : Gini loh Bos...setiap org yang "berpikiran panjang/Bijak" yg berhubungan dengan dokumen/surat penting setelah dia mendapatkan aslinya pasti langsung diFoto copy,apabila Asli hilang ada bukti fotocopinya...

    ReplyDelete
  16. gan kalo saya gak ada foto copy stnk nya gimana gan? Terus itu sama bayar pajak kendaraan gitu berarti kita bayar sekalian pajak setahun itu gan? Bales gan penting :(

    ReplyDelete
  17. @Riko : Silahkan dibaca lagi Artikel dan komentar diatas.
    Ia sekalian bayar pajaknya ;)

    ReplyDelete
  18. ko saya mengurus stnk yg hilang malah d pinta 320rb sich pdhal mah persyaratan'y cuma ktp yg asli doang padahal mah fotocopy yg asli juga ikut"an hilang.

    ReplyDelete
  19. Anonymous12 May, 2013

    Pak klo motornya tidak bisa dibawa bagaimana pak?karena motor berada di beda pulau?apakah masih bisa diurus?

    ReplyDelete
  20. @Amir : 320.000 termasuk murah bro.
    @Anony : harus dibawa gan untuk cek fisik dan pencocokan data

    ReplyDelete
  21. Utk di kota bandung persyaratan yg hrs dilengkapi:
    1.surat kehilangan dari polres setempat.
    2.surat kehilangan dari poltabes.
    3.berita acara pemeriksaan reserse poltabes
    4.pasang iklan di 3 surat kabar(PR,Tribun,Galamedia).
    5.surat keterangan ke bagian telematika Polda.
    6.bila syarat tersebut diatas sudah lengkap baru ke samsat dengan membawa bukti diri (ktp,sim,kk) & bpkb asli (surat ketetangan dari lising bagi motor yg blm lunas kreditannya) semuanya difotocopy 2x
    7. Di kantor samsat minta formulir pendaftaran, kemudian chek fisik kendaraan kemudian ke bagian arsip kendaraan diberi berkas kemudian serahkan kebagian pajak untuk minta notice pajak setelah itu serahkan kebagian loket duplikat stnk setelah divalidasi dan semua berkas fotocopy yg sudah distempel diserahkan kekita untuk bukti pengambilan stnk, (lama proses: wilayah bandung tengah dan timur 4hari sedang bandung barat 2minggu). Selama menunggu proses berkas fotocopy yg sudah divalidasi bisa kita gunakan sebagai stnk sementara. Sebagai tambahan info total bila kita mengurus semuanya hanya menghabiskan biaya 130rb (belum termasuk pajak kendaraan) apabila lewat calo biaya bisa 350rb sd 450rb (blm termasuk pajak kendaraan).
    Demikian pengalaman pribadi semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimaksih gan atas informasinya, semoga bermanfaat bagi anda semua khususnya yg berdomisili di Bandung ;)

      Delete
  22. Anonymous13 June, 2013

    Bang gimana cara memutasi motor dari nganjuk ke kediri (masih satu provinsi)tapi permasalahannya stnk motor tsb hilang dan_ nama pemilik di stnk tersebut orangnya saya cari sudah pindah dan_ tidak ketemu,selain itu her tahunan motor tersebut mati.mohon bantuan gimana langkah2nya.trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemilik pertama tidak tahu kemana lebih baik "Balik Nama" gan...langkahnya silahkan dibaca Artikel dan Komentar diatas dengan seksama... ;)

      Delete
  23. bang saya pagi ke samsat mau ngurusin STNK hilang ternyata persyaratanya ribet!
    1 surat kehilangan dari biro ops polrestabes bandung
    2 BAP dari reserse polrestabes bandung
    3 surat kehilangan dari infotahta/telematika polda jabar
    4. iklan 3(tiga) media, lis ; pikiran rakyat, galamedia dan tribun, lampirkan kwitansi beserta guntingan iklan
    5.BPKB asli
    6.ktp asli
    7. cek fisik

    mau ngurus bener aja kok dipersulit ya T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro yg hilang STNK mobil apa motor?Setau saya kalau hilang STNK tidak perlu diiklanin kecuali yg hilang BPKB nya.
      Ya begitu dagh kalo ngurus sendiri persyaratannya memang rada ribet sdh gitu jadinya lama lagi. Saya pernah kehilnagn STNK motor bebek yg ngurus pihak ke 3 kena biaya 420.000.- 2 hari beres ;)

      Delete
    2. STNK bang , kmrn sy ke samsat dikasi potongan persayarat gitu yang isinya 7 poin d atas
      masalahnya stnk sy itu bukan ilang jatuh d jalan atau gimana , tapi stnk saya hilang ke cuci , jadi untuk apa saya masang iklan kehilangan di media :))

      Delete
  24. bang klo STNK,SIM sama KTP saya ilang gmna?
    msalahnya waktu itu saya kena jambret jadi ilang smua dompet saya..
    trus fotokopinya kgk ad lagi..
    yg ada cmn fotokopi BPKP doank..
    kira" gmna yah cara ngurus nya?
    trus cpt gx yah?
    klo surat keterangan polisi sih saya sudah minta..

    ReplyDelete
  25. bang klo STNK,SIM sama KTP saya ilang gmna?
    msalahnya waktu itu saya kena jambret jadi ilang smua dompet saya..
    trus fotokopinya kgk ad lagi..
    yg ada cmn fotokopi BPKP doank..
    kira" gmna yah cara ngurus nya?
    trus cpt gx yah?
    klo surat keterangan polisi sih saya sudah minta..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah..turut berdukacita ya ;(
      ya dijadian pelaran berkas yg penting hrs ada copyannya karena bisa bertambah RIBET & LAMA dlm pengurusannya apabila hilang(dicolong). selain membawa surat keterangan polisi saya sarankan anda juga membawa Kartu Keluarga/lainnya :)

      Delete
  26. Mohon bantuannya bang, stnk mobil baru saya hilang. Fotocopynya saya gak punya dan bpkbnya belum keluar (Samsat sedang kehabisan blanko BPKB). Apakah tetap masih bisa diproses?

    ReplyDelete
  27. mau nanya nih bang ,,, saya baru kehilangan STNK motor trus saya bingung cara pengurusannya klu saya baca penjelasan abang d atas saya merasa d bantu jg nih . saya mau tanya bang klu foto copy STNK nya ga ada trus g mana ???? saya tinggal d daerah tanggerang selatan ,,trus mau tanya nih klu samsat daerah tanggerang dan kira kira berapa biayanya bang . thanks atas penjelasannya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. @BFA : Bisa gan asal anda bersabar... paling lama nunggu blangko 6 bln ;)
      @Anony : Alamat Kantor Bersama SAMSAT Kota Tangerang Selatan
      Jalan Raya Serpong, Civic Center Blok 405 /5, Bumi Serpong Damai
      Telp.: (021) 5376031

      Delete
  28. pak mau nanya baru saja dpt info stnk saya hilang. Sebelumnya saya dari tasik kuliah di bdg jadi motornya dibawa ke bdg dan ada libur panjang jadi dititipkan di rumah teman saya yg ada di bdg beserta stnk nya. Teman saya menginfokan kalau dompetnya ilang termasuk stnknya, nah pertanyaannya untuk segala proses pengurusan stnk baiknya di urus di tasik atau di bdg pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ga ingin ribet & prosesnya cepat lapor kehilangan dikantor polisi bandung, dgn membuat keterangan TKP aspal (not recommended)
      tapi kalau mbayu warga yg baik ya lapornya ditasik,rada njelimet gitu dagh...hidup memang pilihan ;)

      Delete
    2. pak yg maksudnya [dgn membuat keterangan TKP aspal (not recommended)]
      itu maksud nya gmana?
      ...
      sy kasus nya mirip ama komen diatas,
      mohon pencerahan nya
      :'(

      Delete
    3. Maksudnya membuat laporan/Keterangan palsu. Stnk hilang di Bandung tpi lapornyanya hilang di Tasik, gitu loh ;)

      Delete
  29. Biaya untuk stnk hilang semuanya berapa bang (wilayah jakarta selatan) yg update tanpa calo, makasih..

    ReplyDelete
  30. gan, biaya pembuatan stnk baru berapa sih? takutnya kalo mahal :(

    ReplyDelete
  31. mas gan mau tanya,

    Kan ini STNK saya hilang, dan udah ga bayar pajak selama 3 tahun :(

    Nah

    1. Biaya pembuatan baru kalo ga pake jalur belakang berapa?

    2. Persyaratannya itu pake iklan di koran ga sih? ada beberapa yg pake iklan, ada beberapa yg ga. Jadi mana yg bener?

    3. Trus dendanya pajak tahunan itu berapa ya? seingatku sih 30% ya?

    4. Nah motor kan berada di SBY tapi motor plat T (purwakarta) gesek rangkanya di SBY aja bisa kan?

    Maaf pertanyaannya banyak :(

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Biaya cek fisik Kendaraan (motor) dan Jasa Rp. 30.000
      Biaya fotocopy Rp. 2000
      Pembayaran STNK baru Rp. 50.000
      Biaya Plastik tempat STNK Rp. 1000
      Total Rp.83.000.-
      2.Ada yg pakai ada yg tidak
      3.Cara meghitung Denda :
      Rumus terlambat : 3 bulan = (PKB x 25% x 3/12) + Denda SWDKLLJ
      Rumus terlambat : 6 bulan = (PKB x 25% x 6/12) + Denda SWDKLLJ
      Untuk denda SWDKLLJ sebesar Rp. 32.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 100.000 untuk kendaraan roda empat.
      4. Bisa gan ;)

      Delete
  32. Bang mau tanya nich kalau yg cuman blangko pajaknya j gmana y?kan stnk sm bpkb lg habis,thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bisa, blangko merupakan bukti yg kuat jg..kn lagi habis

      Delete
  33. mengurus stnk yg hilang apakah harus di samsat setempat?

    ReplyDelete
  34. apa bisa ngurus stnk hilang disamsat lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa bu..selama masih terdaftar di wilayah tersebut ya harus di urus kesitu, kecuali sudah di mutasikan ;)

      Delete
  35. ga makudnya saya kehilangan pula blanklo pajaknya,apa pengurusaan blanko pajak sama dengan hilang stnk,karena bpkb dan stnk say masih blm jadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa..sama. kehilangan blangko sama saja kehilangan STNK, utk peryaratan silahkan dibaca lgi artikel & komentar2 diatas.

      Delete
  36. bang kalo stnk nya hilang dan ga ada fotokopian nya dan bpkp belum ada karna kredit, itu gimana? apakah masih bisa diurus? kira" berapa lama ya? dan kalo menggunakan biro jasa, kira" alamat biro jasa di daerah pd. kopi jakarta timur ada ga ya bang?
    mohon dijawab bang karna sangat penting bagi saya
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dibaca artikel dan jawaban di atas ;)
      Setau saya biro jasa (banyak ane lihat) didaerah Pdk kopi, pdk kelapa, pdk bambu atau disekitar kalimalang...utk alamtnya ane tdk hapal.

      Delete
  37. mau tanya, kalo misalkan hilang stnk nya di bandung, tapi daerah aslinya di tasik. buat bikin surat keterangan hilangnya bisa di polsek bandung ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget...(recomended)

      Delete
    2. kalo buat bikinnya, perlu bpkb ga?

      Delete
    3. Pasti..utk persyaratnya silahkan di baca postingan dan komentar2 diatas ;)

      Delete
  38. Dompet saya hilang disana ada stnk plus sim n ktp saya gmana cra ngurupnya y bang?

    ReplyDelete
  39. Bang klo persyaratan pembuatan stnk yang hilang apa aja & biayanya kira2 berapa ya bang untuk daerah lebak-banten

    ReplyDelete
  40. Sebelum berkomentar harap membaca seluruh artikel sampai selesai termasuk membaca komentar2...
    pertanyaan yang mirip/ sama maaf tdk saya jawab ;)

    ReplyDelete
  41. Permisi mau tanya.. apakah kalau mengurus STNK itu juga harus pakai iklan..?? kira-kira butuh berapa lama prosesnya untuk STNKnya jadi..?? mohon bantuannya, terimakasih
    lalu kalau hanya ada KTP asli pemilik sama BPKB serta surat tanda kehilangan, kira-kira dikenai biaya berapa..?? terimakasih

    ReplyDelete
  42. oh iya.. satu lagi saya lupa... kalau masalah pembayaran, itu membayar di awal atau di akhir pada saat setelah jadi..??
    terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. >.Ada yg pakai ada yg tidak-
      >Paling cepat 3 hari kerja-
      >Biaya bisa dinego kecuali ke biro jasa-
      >Bayar diawal, kecuali dibiro jasa bisa di DP

      Delete
  43. Prosesnya semua berapa lama kalo urus sendiri?

    ReplyDelete
  44. saya semuanya ilang bang, STNK,SIM,KTP . nah itu caranya gemana. yang pasti minta surat kehilangan dari polis, nah selanjutnya gemana ?,soalnya ilang jatoh dalam dompet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhhh...kasian bgt. kalo sudah membuat surat kehilangan agan tinggal urus jangan lupa dilampirkan Copyan ny..

      Delete
  45. pagi pak, saya mau tanya, saya baru sadar kalau STNK saya hilang dan saya tidak punya fotocopynya, kalau saya mengurus lagi apakah bisa tanpa fotocopy STNK saya ? terima kasih, ajawaban anda akan sangat membantu.

    ReplyDelete
  46. pagi pak
    saya mau tanya stnk saya hilang tapi saya tidak punya fotocopy na dan blum di kasih bpkb itu gimana ngurusnya ya...
    mohon bantuannya ..
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertannyaan anda sama dengan komentar2 diatas ....
      silahkan dibaca lagi dari awal sampai selesai ;)

      Delete
  47. bang ....stnk mobil hilang tp copyannya ada pajak mati 2th fotokopy ktp yang sesuai stnk g ada jakarta barat kira kira beaya brapa???

    ReplyDelete
  48. Mau tanya pak untuk soal pengesahan bpkb samsatnya hanya di tangerang selatan dan ciputat? saya tinggal di jakarta timur
    mohon solusinya pak

    ReplyDelete
  49. Mas saya mau tanya ...
    Kan stnk saya hilang . Dan pemilik stnknya pindah gak tau kemana
    Trus saya juga ga ada fotocopy stnknya ...
    Trs gmn caranya ngurus dan kira2 biayanya berapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusi terakhir harus balik nama kang...
      Cek fisik dan menunjukan BPKB nya
      utk biaya tergantung jenis motor,CC,tahun dll :)

      Delete
  50. Bang, STNK motor saya hilang, ga ada foto copy STNK nya juga... Dan terus masih dalam proses kredit... Itu gimana ya?? Saya di daerah jakarta selatan.. Mohon bantuannya...

    ReplyDelete

Silahkan sobat tinggalkan jejak di bawah ini...NO.SPAM
Dengan Memberikan Komentar Secara Otomatis akan Mendapatkan Pagerank, Traffic dan Backlink.

 
To Top Page Up Page Down To Bottom Auto Scroll Stop Scroll