Tips Memilih Jas Hujan Merk Axio dan Rosida

Sedia Jas Hujan Sebelum Hujan
Beberapa tahun lalu, musim hujan dan kemarau dapat dengan mudah kita prediksi. Tapi kini 2 musim itu sulit ditebak. Buktinya, bulan Maret, April, Mei, dan Juni ini yang seharusnya musim kering, malah sering turun hujan. Bagi anda para penguna kendaraan motor ada baiknya untuk tetap Safety riding dan juga harus mempersiapkan Jas Hujan sebagai antisipasi apabila turun hujan tiba-tiba.

Ciri-ciri Jas hujan Rosida R882 atau AXIO (Beda merk tapi hampiir sulit dibedakan dari tampilan fisik, hanya beda sablonan merk) diimpor dari Cina. Rosida R882 dan AXIO memang memakai bahan yang sangat bagus dengan lapisan dalam anti air dari karet. Tapi sayangnya aksesoris jas hujan ini seperti retsleting (zipper), kancing, dan karet gelangnya rentan rusak, jadi sebaiknya semuanya perlu anda periksa dan teliti sebelum membeli.



Kekurangan mendasar dari Jas hujan AXIO dibanding Rosida R882 bisa anda lihat pada pergelangan tangan, AXIO mengunggulkan produk dengan karet langsung yg mengikat pergelangan tangan, akan tetapi akan sangat mengganggu dan meninggalkan bekas apabila pergelangan tangan pemakai memiliki ukuran yg besar (gemuk), begitu juga sebaliknya, apabila yg memakai memiliki pergelangan tangan yg kecil (kurus), maka fungsi karet tersebut sebagai penghalang masuknya angin dan air jadi sia-sia karena ukuran karet tidak bisa beruba.

Dibawah ini ada 4 tips dalam memlilih jas hujan :

Wajib dicek dan Ricek 
apakah retsleting, karet dan kancingnya semua bagus. Tanyakan apakah kalau 3 komponen ini rusak akan diganti atau tidak. Bukan salah penjual kalau rusak, karena memang kualitas 3 komponen ini memang rendah.Kekurangan yang jarang sekali direview adalah pori-pori jas hujan AXIO lebih renggang jika dibandingkan pori-pori jas hujan Rosida R882 walaupun tidak menganggu fungsinya sebagai pelindung air/hujan, hanya saja udara dingin akan lebih terasa kebagian dalam terutama bagi anda yang tinggal di daerah bercuaca dingin, seperti Bogor, Cianjur, Lembang, dll, berbeda dengan rivalnya Rosida R882 yang berpori-pori rapat sehingga terasa lebih hangat saat digunakan, namun akan terasa gerah jika digunakan di daerah bercuaca panas seperti Surabaya & Jakarta.

Pilih ukuran 2 atau 3  diatas ukuran pakaian anda.
Bagi anda yang sering membawa tas laptop model backpack seperti Export atau Bodypack, pastikan anda memilih 2 atau 3 size diatas size baju anda. Sehingga tas laptop anda bisa dipakai didalam jas hujan. Jangan khawatir mengenai ukuran celananya. Dengan memakai 2 size diatas ukuran anda, peluang bagian selangkangannya robek menjadi berkurang. Bagian pinggangnya pakai karet dan tali pengencang, sehingga tetap nyaman walaupun dipakai diatas pinggang.

Memang mencari jas hujan yang kualitasnya selevel dengan Rosida R882 atau AXIO pun jarang. Eiger misalnya punya jas hujan bagus banget dengan harga jual sekitar Rp. 400 rb. Tapi itupun juga belum tentu ada dipasaran. Tidak semua toko eiger siap sedia jas hujannya. Dulu juga pernah ada jas hujan yang sangat bagus buatan Boogie Bogor. Sayangnya jas hujan ini tidak diproduksi lagi.

Cara Perawatan
Agar kualitas kainnya tidak rusak, jangan dicuci dengan detergen, mesin cuci apalagi menggunakan sikat cuci. Detergen akan merusak lapisan anti airnya. Cuci hanya menggunaka air, apabila ada noda oli/minyak maka gunakanlah sabun pencuci piring dan lap kanebo untuk menghilangkan nodanya.

Jangan dijemur dibawah sinar matahari langsung, cukup diangin-anginkan denga posisi puring menghadap ke atas. Jangan langsung dilipat/disimpan setelah digunakan karena hal ini akan menyebabkan jas hujan anda bau apek, namun jika sudah terlanjur bau apek, anda cukup menyemprotkan cairan alkohol atau gantungkan kamper di bagian dalam jas hujan anda saat sedang dijemur.

Pilih warna yang sesuai.
Pemilihan warna juga bisa dipertimbangkan sebelum membeli jas hujan, pilihlah warna cerah jika anda sering bepergian di malam hari, tujuannya agar anda lebih mudah terlihat oleh pengendara lain, sekalipun memang jas hujan Rosida R882 dan Axio sudah dilengkapi skotlet yang berpendar saat terkena cahaya.
Bagi anda khususnya pria, sebaiknya pilihlah warna gelap karena anda cenderung tidak memperhatikan kebersihan jas hujan, sehingga noda asap, oli, minyak, lumpur dan tanah bisa tersamarkan oleh warna gelap jas hujan anda.

Kesimpulan:
Dengan kualitas kain yang anti air karena lapisan karetnya, Rosida R882 bagus melindungi pakaian anda. Jika anda berhati-hati dan memeriksa asesoris jas hujan Rosida R882 atau AXIO dengan baik, maka dengan harga kisaran 135rb hingga 180rb anda mendapatkan jas hujan yang cukup dapat diandalkan. Perlu anda ketahui walaupun ada tulisan Jepang ataupun Europe Jas hujan Axio dan Rosida adalah buatan Cina.

Semoga Bermanfaat ;)

3 komentar:

  1. merk ROSIDA lebih bagus,tidak rembesa air dan lebih AWET, lebih mahal tapi kualitas lebih baik,

    BalasHapus
  2. Sip...saya punya keduany tapi saya lebih menyarankan merk Axio lebih tebal & jahitannya lebih kuat ;)

    BalasHapus
  3. Cara jitu membedakan yang ASPAL dan yg ORI dri ke dua merk gimna gan?

    BalasHapus

Silahkan sobat tinggalkan jejak di bawah ini...NO.SPAM
Dengan Memberikan Komentar Secara Otomatis akan Mendapatkan Pagerank, Traffic dan Backlink.