Buka Puasa Tiba, Sholat Magrib Lewat

Bukber
RIEFSAZ. Buka puasa bersama ini tentunya sangatlah baik untuk mengisi ibadah puasa. Buka puasa sebagai bagian dari aktivitas di bulan Ramadhan, juga merupakan upaya meraih subhikmah berpuasa, yang di dalam buka puasa bersama pun terkandung hikmah tersendiri yang lebih spesifik.

Puasa yang di dalamnya terkandung hikmah sosial seperti adanya tuntutan berzakat, melalui buka bersama bisa dipahami untuk mempertegas yang demikian. Buka bersama bisa menjadi media sosial, sarana pelaksanaan ibadah yang tidak saja mahdhoh namun sekaligus menjalankan ibadah ghoiru mahdhoh.

Momentum bulan Ramadhan dimanfaatkan  organisasi dan sekelompok yang lain untuk melaksanakan kegiatan berbuka puasa bersama. Dengan melaksanakan buka bersama setidaknya akan memperoleh dua hikmah dari silaturahim. Dua hikmah tersebut adalah panjangnya umur dan lapangnya rezeki.

Kebiasaan buka puasa bersama sebenarnya sudah cukup lama muncul. Bahkan seiring dengan maraknya social network, semakin menyemarakkan kegiatan temu kangen atau reuni dalam wujud buka puasa bersama. sayang sekali, tak semua acara kumpul bareng dengan cara buka puasa bersama ini, memiliki semangat yang berbanding lurus dengan niat mencari ladang pahala di bulan Ramadan. Tidak jarang acara buka puasa bersama tersebut, justru mengurangi nilai ibadah puasa itu sendiri. Misalnya, karena tempat yang dipilih untuk berbuka puasa adalah foodcourt, café, hotel ataupun Mal, sehingga sulit atau bahkan tak memungkinkan untuk melakukan sholat maghrib, isya dan terawih berjamaah bagi para peserta buka puasa bersama.

Sebenarnya bukan karena tempatnya yang menjadi penyebab utama mereka lalai atau lupa sholat. Seringkali kita lengah saking asyiknya berkumpul, bercengkrama, temu kangen dengan teman-teman sekantor / teman lama / keluarga yang lama tidak bertemu, pada akhirnya sholat maghrib, isya dan tarawih yang seharusnya menjadi bagian penting dalam acara berbuka puasa sekaligus ajang menambahkan pahala, justru terlewatkan.…


Perlu diluruskan lagi niat kita, jika niat berbuka puasa adalah bersilaturahim, tentunya, akan lebih baik dilakukan di sebuah tempat yang memungkinkan untuk melakukan sholat berjamaah. Tidak harus di tempat yang mewah atau ramai pengunjunag. Setidaknya pilihlah tempat yang tak jauh dari masjid, atau menyewa langsung di masjid-masjid tertentu yang memiliki ruang khusus untuk acara-acara tertentu. Dapat pula dilakukan di rumah salah seorang teman atau kerabat peserta buka puasa bersama, yang memiliki ruangan cukup luas untuk melaksanakan sholat berjamaah.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan sobat tinggalkan jejak di bawah ini...NO.SPAM
Dengan Memberikan Komentar Secara Otomatis akan Mendapatkan Pagerank, Traffic dan Backlink.