Jatimas Fishing : Karakteristik Kenur Pancingan

Raja Ampat-Kenur Pancingan
Halo Blogger serta Rekan Jatimas Fishing ! Berhubung Sabtu besok saya dkk akan mengikuti Lomba mancing maka saya akan membagikan Tips tentang artikel mancing terbaru, sebelum anda membaca ada baiknya melihat Postingan yang saya terbitkan terdahulu yaitu Tips Memilih Joran, Penggulung, Kail, Kenur dan Umpan Pancing karena ada beberapa yang sudah saya Update, Pada kesempatan ini saya membahas mengenai Kenur / Benang Pancing, saya  akan mengali lebih dalam mengenai Karakteristik Kenur Pancingan, yang mana saya kutip dari Mancing Info.

Menurut Pengamatan Dari Empang ke Kolom dan di Pasaran tentunya ternyata kenur itu memliki Jenis yang berbeda-beda dan  dikelompokan menjadi 3 Karakteristik yaitu :
KENUR MONOFILAMENT
Untuk mancing Ikan Mas di empang pemancingan kenur yang dipakai adalah kenur monofilament, banyak tersedia di toko pancing dan merupakan jenis kenur yang paling banyak digunakan. Ada yang menyebutnya kenur nilon atau mono saja. Pilihlah kenur mono yang berdiameter kecil namun memiliki kekuatan yang besar. Sudah banyak di pasaran kenur-kenur impor yang berkarakteristik seperti itu. Kenur monofilament sendiri mempunyai beragam karakteristik yang menyebabkan tiap merek kenur pada ukurannya yang sama akan mempunyai kekuatan yang berbeda seperti: Besar lingkar kenur (diameter), pilih yang ukurannya kecil, kamuflase-nya lebih baik dan dapat dimuat spul lebih panjang. Daya regang (stretch), low-stretch atau daya regang rendah memudahkan penetrasi kail dan menambah kepekaan. Daya tahan serap air (water absorb resistance), pilih yang tinggi maka kenur semakin awet. Daya tolak terhadap sinar matahari (anti UV), pilih yang tinggi maka kenur akan bertahan lama. Kegentingan atau titik putus (breaking strain), pilih yang lebih besar berat beban putusnya. Memori kenur (line memory), pilih yang low, kenur tidak mudah melintir atau kusut. Kekuatan simpul (knot strength), semakin kuat tentu akan semakin baik. Flexibility and limpness, 'limpness' reaksi kenur meluruskan fisiknya dan tingkat fleksibitas yang tinggi akan mempermudah kenur meluncur untuk lontaran yang jauh Visibilitas kenur (line visibility) dan pilihan warna kenur. Kenur tentu baik bila dapat tersamar di air, seperti warna hijau kenur yang tersamar dengan baik saat mancing siang hari pada perairan yang lumayan jernih. Akan tetapi kebalikannya adalah pemancing terkadang perlu melihat fisik kenur ketika mancing pada penerangan minim atau dengan metode glosoran. Ukuran kenur yang dipakai pada saat mengikuti lomba mancing ikan mas umumnya kenur mono dengan ukuran diameter kenur 0,10~0,20mm atau kekuatannya berkisar 4~10lbs. Sedangkan untuk  lomba sistem galatama (glosoran) dapat dipakai ukuran lebih besar antara 0,24~0,30mm. Untuk mancing harian, mancing borong dan mancing kiloan sebaiknya pilih kenur dengan diameter yang kecil (0,17mm ke bawah) selain untuk melatih kepiawaian dalam menaklukkan ikan, juga agar hasil perolehan mancing memuaskan. Untuk merek pilihlah yang sudah terkenal seperti Berkley, Ande, Stren, Maxima, Platypus, Siglon, Sufix, Varivas dan lain-lain.

KENUR FLUAROCARBON
Selain Monofilament yang terbuat dari Nylon, kita juga mengenal Fluorocarbon dengan harga lebih mahal yang terbuat dari bahan polyvynillidenfluoride, fisiknya mirip dengan mono namun memiliki beberapa kelebihan seperti: Lebih kuat dari mono berdasarkan material bahannya Visibilitas sangat rendah, fluorocarbon dapat ber-kamuflase dengan baik dalam air Tahan sinar matahari,  kenur fluorocarbon tidak akan cepat usang terjemur sinar matahari Tahan terhadap abrasi dan tahan gores (anti-scratch) menjadikannya tidak mudah genting atau berserabut Anti air, pabrikan fluorocarbon bahkan ada membuat pure-fluorocarbon yang sama sekali tak menyerap air dan ada yang melapisinya dengan co-polymer dengan tingkat serap air hanya sebesar 3% saja. Namun kelebihan ini menyebabkan fluorocarbon tipe ini menjadi lebih licin dan akan lebih lemah ketika dibuat simpul (weak knot). Float proof, mengambang diatas air, tentu ini bisa jadi kelebihan untuk glosoran namun menjadi kekurangan jika menggunakan metode pelampung.

KENUR MONOFILAMENT
Selain kenur yang fisiknya seperti nilon, saat ini telah banyak tersedia kenur yang dijuluki kenur super, yang memiliki kekuatan beberapa kali lebih besar dari kenur monofilament pada ukurannya yang sama. Multifilament adalah kenur yang dijalin (braided line) dari beberapa helai (strands) serat tipis terbuat dari Poly-Ethylene (PE) sehingga sering juga disebut sebagai PE Braided Line, Braided atau PE saja. PE braided line lebih mahal dari kenur monofilament sebagai efek dari pabrikasi dimana cara pembuatannya yang lebih sulit dan memakan waktu lebih lama. Secara kasat mata braided line tipe non-coat dapat dilihat jalinannya, sedangkan yang thin coat dan hard coat seperti Barkley's Fireline and Spiderwire fusion jalinan tersebut masih dibungkus lagi oleh bahan liat yang sangat licin sehingga fisiknya seperti monofilament saja. Pemakaian kenur super pada rangkai pancing glosor memang terasa jauh bedanya. Akibat daya regangnya sudah diminimalisasi, sangat kecil, maka saat menggentak joran tak perlu lagi sampai jauh ke belakang, cukup sampai di batas kepala saja. Diameternya yang kecil memang membuat rangkaian pancing menjadi lebih peka dan kekuatannya juga dapat diandalkan. Namun masih terdapat kekurangan yang mungkin bisa menjadi kendala bila memakai kenur super. Diantaranya yakni melemahkan umur pakai dari peralatan pancing lainnya seperti joran dan ril. Jika tidak dipadu dengan joran dan ril berkarateristik 'super' maka joran dan ril yang umum dipakai akan cepat rusak, seperti kelenturan joran melemah dan mekanisme ril menjadi cepat aus. Belum lagi buat pemancing yang mempunyai kebiasaan menggentak jorannya secara ekstrim, ikan yang terkail malah dapat lepas akibat bibirnya robek karena gentakan yang terlalu keras. Sedangkan untuk yang menggunakan rangkaian berpelampung, kekurangan kenur ini masih ditambah lagi dengan sulitnya kenur untuk tenggelam dalam air. Walaupun kenur braided menyerap air, Poly-Ethylene based line memiliki berat jenis yang lebih kecil dari air dan beberapa tipe PE Braided Line bahkan dilapisi polymer sehingga kenur cenderung akan mengambang di permukaan.

Baca juga Artikel Tentang : Mitos Ketika Memancing 

Demikian semoga sobat lebih paham dalam mengunakan Kenur pancing sesuai tipe dan karakteristik masing-masing, Mohon doannya ya... Semoga kita semua beruntung, Semoga bermanfaat dan salam STRIKE!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan sobat tinggalkan jejak di bawah ini...NO.SPAM
Dengan Memberikan Komentar Secara Otomatis akan Mendapatkan Pagerank, Traffic dan Backlink.