Halo Brother ! | Members area : Register | Sign in
About me | Toko OL | Arsip | Terms of Use | Dcma Disclaimer
Powered by Blogger.

Artikel Pilihan

Cari Penghasilan Tambahan, Klik !!!

Chatt. Komentar

:: Get this widget ! ::

...RIEFSAZSTORE dan RIEFSAZBLOG Mengucapakan Selamat Lebaran Kepada Pengunjung, Pelanggan dan Reseller semua, Minal Aidin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin...
Mau Dapat Uang dari Blog ini
Mau buka usaha tanpa modal, mudah, dijamin anda ketagihan dan tidak repot, bisa dilakukan dimana dan darimana saja.Klik!
Home » » JATIMAS FISHING : Tips Memilih Joran, Penggulung, Kail, Kenur dan Umpan Pancing

2 JATIMAS FISHING : Tips Memilih Joran, Penggulung, Kail, Kenur dan Umpan Pancing

Peralatan Mancing 

Alat-alat yang perlu dilengkapi untuk mengikuti mancing ikan mas ala galatama ini, sebagian telah disediakan penyelenggara seperti bangku, korang dan serokan. Sedang perlengkapan utama yang harus dipunyai adalah sebagai berikut :

1. Joran
Joran adalah perlengkapan utama yang mutlak dimiliki pegalatama. Mancing ikan mas sistim galatama mengutamakan ketangkasan dan kecepatan dalam mengajar ikan. Semua itu baru akan didapat bila joran yang dipilih mempunyai karakteristik fast taper yang hanya melengkung di sepertiga bagian ujung joran (tip action). Joran seperti ini bertipe medium/M (sedang), medium heavy/MH (sedang~berat) hingga heavy/H (berat). Panjang joran ideal sekitar 5'6" ~ 6' atau sekitar 168 ~ 180 cm, bila empang yang sering di tuju jarak antara lapak dan pertengahannya lumayan jauh maka disarankan memilih joran yang panjangnya 180 cm untuk mendapatkan lontaran yang jauh ke tengah empang secara akurat. Joran yang nyaman tentunya adalah yang berjenis spinning rod, yang mendudukan reel spinning di bagian bawah joran. Untuk bahan minimal yang terbuat dari serat karbon untuk peningkatan dapat dipilih joran yang terbuat dari bahan campuran carbon graphite dan polyamide fibre, atau sekalian yang berbahan boron atau kevlar. Spesifikasi daripada joran biasanya tertulis jelas di batang pangkal joran untuk bergalatama ini seperti ukuran joran di atas tadi ditambah mengenai line weight (kelas kenur) antara 6 ~ 15 lb hingga 10 ~ 20 lb dan lure weight ( berat umpan ) tipe M 1/4~3/4 oz, MH 1/4~1 oz dan H 3/8~1 1/2 oz. Kriteria penting lainnya yakni batang joran yang terdiri dari 1 batang (one piece) tanpa sambungan atau 2 batang (two pieces) satu sambungan, joran telescopic atau tipe antena tidak disarankan. Untuk jumlah marit (guides) atau jalur kenur pilih yang mempunyai minimal 5 marit agar beban terbagi rata semakin ringan pada batang joran atau sekalian memilih joran seri Interline dari Daiwa & seri Innerline dari Shimano, yang jalur kenurnya ada pada rongga batang joran sehingga pembagian beban dapat sempurna merata, kenur tidak mudah kusut dan tak cepat aus karena pergesekan kenur dengan jalurnya telah dapat diminimalkan. Contoh joran seperti ini misalnya saja yaitu Daiwa® Procaster® Z Interline™ Rods. Sedangkan yang telah terbukti ketangguhannya yaitu Shimano Speed Master, sayang tak beredar lagi di pasaran, joran two pieces yang berciri gemuk di pangkalnya dan semua maritnya ada di bagian batang joran atasnya. Merek lain seperti ini yang dapat di temui yaitu Golden Fish tipe bantam atau Conato Black Moon. Yang berjenis konvesional yang tangguh dapat dipilih dari beberapa merek terkenal seperti Berkley IM7, Fenwick Iron Claw, Daiwa, Shimano, All Star, G-Loomis dan lainnya, pilihlah yang dianggap ideal dan sesuai kemampuan karena pilihan sepenuhnya pada keputusan pemancing itu sendiri. Sebagai bahan referensi dapat dilihat di Bass Pro Shop - Spinning Rods.

2. Penggulung
Penggulung yang nyaman digunakan untuk mancing ikan mas sistim galatama adalah spinning reel, yang gulungan kenur atau spulnya terletak terbuka di depan. Cocok dipadukan dengan joran spining. Pilih ril dengan kwalitas terbaik agar awet dan tangguh dalam pemakaiannya. Yang jadi bahan pertimbangan dalam memilih ril penggulung adalah bahannya yang terbuat graphite yang kuat tapi ringan, jumlah bantalan roda (ball bearing) minimal 3 buah, rasio gigi (gear ratio ) minimal 4:1 dan rem spul (drag) yang elemennya baik. Untuk pemilhan letak drag, sebaiknya yang terletak di depan (front drag). Kriteria lengkap mengenai ril penggulung dapat di lihat pada home page Mancing Ikan Mas - Peralatan. Ril penggulung sangat berperan penting dalam mancing, oleh sebab itu harap selektif dalam memilih mana yang cocok dan sesuai untuk yang ingin bergalatama. Contoh ril yang tangguh yaitu Daiwa Tournament SS 700, ril front drag ini memiliki 3 ball bearing dengan gear ratio 4,9:1. Selanjutnya yaitu Shimano Stella, ril ini terhitung mahal karena memiliki 13 ball bearing ditambah 1 roller bearing yang membuat ril ini dapat menggulung dengan mulus karena pergesekan mekanismenya dinetralisir bantalan roda menjadi kecil sekali . Perangkat mancing yang mahal bukanlah bertujuan menaikkan gengsi pemancing melainkan dipandang dari faktor kwalitas dan sangat fungsional. Merek dan tipe lainnya yang juga baik dan cukup ekonomis seperti Shimano seri Ultegra, Biomaster, Twin Power, Symetre & Stradic, Daiwa tipe Emblem, Regal, Golden Fish Hyperspin, Wonder, Mitchell dan lainnya.

3. Kenur
Karena galatama menggunakan rangkaian glosor maka sebaiknya kenur dipilih yang berwarna flourecent (neon) agar mata tetap nyaman memandangi kenur. Warna oranye atau hijau neon yang paling banyak di pakai. Ukuran diameter kenur antara 0,22~0,28 mm, semakin kecil ukurannya semakin baik kepekaannya namun sangat riskan jika harus membetot ikan yang terpancing. Jadi idealnya boleh digunakan yang ukuran 0,28 mm karena cukup aman. Periksa selalu kondisi kenur sebelum berangkat mancing akan kemungkinan kenur tersebut telah aus akibat gesekan atau karena seringnya mendaratkan ikan. Sebaiknya hindari menggunakan kenur bekas yang dibalik karena kenur di bagian bawah penggulung terkadang menjadi keriting, kecuali memang keadaannya darurat karena persediaan habis, harga kenur semakin mahal dan lain sebagainya. Belilah dari merek yang sudah terkenal saja yang terjamin mutunya, beberepa merek diantaranya Berkley, Fenwyck, Maxima, Platypus, Siglon dan lain-lain. Saat ini telah banyak beredar kenur super (braided, multifilament) yang diameter nya sangat kecil pada kekuatan yang besar dibanding monofilament atau kenur yang biasa. Tapi perlu diingat bahwa penggunaannya harap disesuaikan juga pada penggulung dan joran yang disebut super pula, bila tidak maka perangkat joran atau ril itu akan berkurang umur pakainya. Sebagai contoh joran biasa dipadu kenur super, maka joran yang biasanya lengkungannya keras akan menjadi lentur karena tak mampu mengimbangi kenur.

4. Rangkaian Pancing
Sediakan kail yang berbahan carbon dengan no 5 atau 6. Sediakan rangkaian kail yang berisi 3 mata kail sebanyak 10 buah. Kail yang berkarat atau telah tumpul ujungnya jangan dipakai lagi, siapkan yang baru saja. Bila tak dapat membuat sendiri rangkaian pancing, pesan saja pada toko-toko pancing yang menyediakan layanan perangkaian pancing. Boleh juga membeli rangkaian pancing yang sudah jadi , tapi terkadang pemancing kurang puas karena kail terkadang terlalu kecil ukurannya atau kecil tali pengikatnya. Merek kail bermutu yang layak digunakan adalah
VMC Hooks-Vanadium, Eagle Claw, Gamakatsu, Owner, Mustad, Daiichi dan sebagainya. Mintalah yang bergagang pendek untuk mancing empang.

5. Bemper
Tali pandu (leader) yang diberi pemberat dalam galatama disebut bemper. Siapkan di kotak peralatan sebanyak 10 buah. Bemper yang sudah jadi dapat dibeli asalkan ukurannya sesuai dengan yang diijinkan. Atau rangkai saja sendiri, sediakan kenur pengikat kail sepanjang 20 cm, ikat satu ujungnya dengan peniti khusus pancing lalu masukkan timah pemberat dan terakhir ikat ujung yang lain dengan kili-kili (swivel). Gunakan timah pemberat yang ukurannya telah ditentukan dipemancingan yang berbentuk lonjong dengan lubang di tengahnya. Usahakan timah dapat bergeser pada tali.

6. Tatakan Joran
Karena menggunakan rangkaian glosor dan untuk mengamankan joran agar tak tercebur dilarikan ikan, maka pemancing galatama menyiapkan sepasang tatakan/cagak joran (rod rest). Terbuat dari besi stainless dibentuk seperti huruf "Y" dengan tangkai panjang 50 cm. Dapat dibuat sendiri pada tukang las atau membelinya di toko pancing.

Bahan Umpan
Umpan memang dapat dibeli di tempat mancing seperti pelet halus, pelet bom dan sebagainya. Namun untuk aroma pewangi (essence) sebaiknya beli di supermarket, pasar atau di toko pancing, agar koleksi aroma menjadi lengkap. Aroma pewangi boleh berupa pasta atau cair, hanya saja yang pasta biasanya akan merubah warna umpan namun terkadang merubah warna umpan diperlukan. Sedang yang cair aromanya lebih kuat dan tahan lama di botolnya serta tak merubah warna umpan. Beberapa aroma pewangi yang diperlukan untuk koleksi kotak pancing diantaranya yaitu yang pasta, mereknya boleh apa saja dengan aroma vanili, pandan, kopi moka, nangka, durian dan kelapa santan. Sedang untuk yang cair, yang bagus diproduksi Diva dengan aroma seperti tutty frutty (sari buah), banana (pisang), pineapple (nanas), coffenoire (kopi), coconut (kelapa), strawberry dan sari laut (aroma ikan laut). Aroma lain yang terkadang diperlukan yaitu ekstrak udang merek choya. Lengkapi hingga apapun yang diperlukan tersedia. Berkreasi dan bereksperimenlah dengan kombinasi beberapa aroma, siapa tahu mendapat ramuan umpan yang pas dan jitu, selamat mencoba!


Tips Memancing Ikan Mas

*Gunakan Kenur Super Monofilament

Untuk meningkatkan kepekaan gigitan ikan mas, gunakan kenur super. Kenur berteknologi tinggi ini memiliki diameter kecil untuk kekuatan yang sama pada kenur monofilament. Braided Line atau kenur super ini memiliki sifat low stretch (daya renggang/mulur yang rendah) sehingga meningkatkan kepekaan, memudahkan tertancapnya mulut ikan artinya tidak memerlukan sentakan yang terlalu keras, diameter yang kecil meningkatkan kamuflase atau dengan kata lain meminimalkan bayangan kenur yang dapat terlihat ikan. Namun sangat disarankan kenur super ini untuk dipadukan dengan joran dan penggulung yang dikhususkan untuk kenur super agar didapat performanya yang maksimal, sebagai contoh Spider Wire dari Spectra 10 lb ~ 15 lb test dengan Spider Cast Rod dan Spider Cast Reel SC 30 produk Mitchell. Maka sensasi kenur super dapat secara maksimal diterapkan. Namun jika hanya ingin merasakan kehebatan kenur super ini, harap digunakan joran yang agak lentur, kurangi tekanan drag dan mainkan secara lembut ketika menyentak atau memainkan ikan.




* Selain kenur super di atas tadi, untuk meningkatkan kepekaan terhadap sambaran atau gigitan ikan. Gunakanlah jari telunjuk, sambil memegang joran sentuhlah kenur yang keluar dari penggulung dengan telunjuk. Ikan yang gigitannya halus sekalipun akan dapat dirasakan jari anda.

* Biasakanlah setelah melontar umpan untuk tidak segera mengencangkan kenur. Tutup bail arm penggulung yang dibuka saat akan melontar tadi. Pegang dahulu joran atau dapat juga di taruh di tatakan joran. Perhatikan kenur yang mengambang di air, gulung sedikit untuk meluruskan kenur. Biarkan kenur perlahan-lahan tenggelam mulai dari tempat yang jauh. Sesaat setelah melontar tadi adalah awal waktu untuk memperhatikan kenur tersebut, karena sering sekali ikan mas di empang galatama menyambar umpan yang baru terjatuh memecah air. Lihat gerakan kenur yang maju secara perlahan atau cepat, gerakannya seperti ular atau kereta yang bergerak maju, inilah saat yang tepat untuk strike (menggentak joran).


* Pernahkah anda melihat seorang pegalatama yang sedang mengketuk-ketuk gagang dari joran yang bersandar di cagaknya. Tindakan menggedor joran ini bukan tanpa sebab, bukan juga karena pemancing sedang stres karena tidak ditarik ikan. Ketukan pada batang joran akan mengirimkan getaran-getaran lewat kenur langsung menuju umpan. Seandainya joran didiamkan saja, lalu ada ikan mas yang secara halus menyedot umpan namun segera memuntahkannya kembali karena menyadari umpan tersebut memiliki beban akibat pemberat atau kenur. Maka apabila pemancingnya saat itu aktif menggedor joran maka ikan yang sedang menyedot umpan itu akan dikagetkan oleh getaran yang diterimanya hingga membuat ikan tersebut lari menjauh sambil berusaha memuntahkan umpan dan gerak larinya ikan justru membuat kail tertancap dengan sendirirnya di mulut ikan.

* Jangan abaikan gelembung-gelembung udara atau rembesan yang berputar-putar di sekitar dinding kolam bagian dek atau tidak jauh di depan lapak. Memang tak dapat dipastikan apakah itu ikan mas atau ikan mas yang berukuran super, namun tak ada salahnya dicoba. Umpan bom sebaiknya jangan ditempelkan ke rangkaian, cukup taburkan ke arah rembesan tadi. Gunakan umpan yang kecil saja, kalau bisa turunkan umpan secara perlahan agar tak mengagetkan ikan. Setelan drag harap dikurangi. Miringkan joran atau perkecil sudut yang dihasilkan kenur dan dakar kolam sehingga arah kenur menjadi miring atau tidak tegak lurus, sabarlah karena ikan tidak segera memakan umpan. Gerakan-gerakan kecil ujung joran yang menukik ke air menandakan keberadaan ikan. Jangan digentak dulu kecuali bila benar-benar yakin, karena gerakan yang tadi itu akibat kenur yang tersenggol ikan atau ikan sedang menggoser atau membersihkan dasar kolam dengan sirip dan bagian bawah badannya. Gantilah bila beberapa saat umpan tak dimakan. Kesabaran akan berhasil bila tiba-tiba ujung joran menukik deras atau ril yang menjerit karena kenur dilarikan ikan.

Memancing ikan di kolam atau empang adalah salah satu hobi yang umumnya digemari para pria, baik yang masih lajang maupun berkeluarga. Selain asyik dan santai untuk dijadikan kegiatan saat libur, siapa tahu beruntung mendapatkan ikan cukup besar untuk dibawa pulang?

Secara awam, memancing ikan terlihat mudah saja. Tinggal lemparkan kail yang telah diberi umpan, biarkan ikan memakan umpan, lalu angkat. Padahal kenyataannya tidak seperti itu, karena memancing juga perlu keahlian khusus.

Teknik memancing yang baik, sangat diperlukan, apalagi jika Anda ingin ikut lomba. Berlatihlah dan pengalaman akan mengajarkan Anda teknik yang benar dan efektif. Berikut beberapa trik yang bisa Anda ikuti:


ISYARAT PELAMPUNG :

Perlu diperhatikan, tiap ikan mas tidak ada yang sama cara makannya. Perbedaan ini menghasilkan gerakan pelampung yang berbeda pula.

Ikan berukuran 1 kg (disebut ikan rame) biasanya makan dengan cara yang kasar, pelampung akan langsung tenggelam saat umpan disambar, segera gentakkan joran.

Untuk ikan mas yang besar atau yang makannya terlalu penakut, gerakan pelampung mungkin hanya sekali saja, bila saat itu lengah, maka Anda hanya akan mendapatkan umpan habis termakan.

Berikut gerakan pelampung tanpa umpan termakan:

1. Ikan mas besar biasanya lebih waspada, ia akan makan umpan yang ada di depannya tetapi bila dirasa sesuatu menghalangi seperti mata kail, kenur dan lainnya, ikan tersebut akan menyemburkan kembali umpan. Sehingga gerakan ini akan menghasilkan satu gerak saja pada pelampung.

2. Diasumsikan pelampung yang Anda pakai terbuat dari bulu ayam merak. Bila pelampung dengan umpan di dasar air tegak lurus (pengukuran kedalamannya tepat), maka pelampung Anda akan naik satu ruas dari batas air. Dan bila jarak pelampung dengan umpannya miring (pengukuran kedalamannya dilebihkan), maka pelampung akan tenggelam satu ruas. Dua kondisi tadi menandai Anda untuk segera menggentak joran.

Isyarat pelampung berikut ini, jelas-jelas menandakan umpan sedang dimakan, dan Anda harus segera menggentak joran, diilustrasikan sebagai berikut :
- Pelampung bergerak turun naik dengan cepat seperti gerakan mesin jahit : Anda harus segera menggentak joran!
- Pelampung bergerak turun naik dengan cepat, kemudian menghilang: Gerakan pelampung ini juga menunjukkan bahwa umpan sedang dimakan.
- Pelampung bergerak naik lalu tiba-tiba rebah kemudian terseret atau menghilang: Awas! Ikan sedang makan umpan.


ISYARAT KENUR :

Pada rangkaian glosor atau kenur bebas (free lining) lainnya, gerakan umpan yang dimakan ikan, getarannya langsung disalurkan ke kenur.
- Setelah umpan dilontarkan, gulung kenur sedikit, taruhlah joran pada cagak joran (rod rest), atur kenur agar menegang namun janganlah terlalu kencang, agak kendor sedikit.
- Perhatikan kenur yang memasuki air karena di sini getarannya dapat terlihat jelas.

Ada 2 kondisi Anda harus segera menggentak joran :
1. Tanpa isyarat awal, tiba-tiba saja kenur terangkat dan bergerak menjauh.
2. Kenur yang tegang tadi tiba-tiba menjadi kendor.

Keadaan lain yang dapat dideteksi, misalnya kenur bergerak-gerak mengencang dan mengendur, gerakan yang amat halus dan dapat dirasakan dengan memposisikan jari telunjuk pada kenur.

Pada keadaan ekstrim, joran turut tercebur ke air sehingga disarankan mengikatkan tali pengaman pada joran, bila memancing di danau atau perairan dalam.


MENGENTAK JORAN :

Agar ikan dapat terkait saat umpan dimakan, Anda perlu menggentak joran (strike), terutama bila menggunakan pelampung. Gerakan ini, dapat digolongkan sebagai gerakan refleks. Agar mendapatkan gerakan refleks, tangan Anda harus terus dilatih untuk segera meraih joran. Caranya:

1. Raih joran dengan memegangnya pada pangkal joran, tepat didudukan ril penggulung.

2. Posisi jari telunjuk ada di depan gagang penggulung, sedang jari lain dibelakangnya.

3. Gerakkan joran jauh ke arah belakang kepala secara cepat, usahakan jangan mengendurkan kenur, baca gerak ikan dan mulailah mengajarnya.

4. Gerak menggentak yang benar adalah melawan arah kenur. Pada lokasi alam, lontaran dapat jauh di arah kanan atau kiri. Bila lontaran arah ke kiri, gentakannya ke belakang kanan. Bila lontaran arah ke kanan, gentakannya ke belakang kiri. Bila memancing di empang pemancingan, lontaran umpan hanya ke arah depan, karena sebelah kanan dan kiri ditempati orang lain.

Ramuan Umpan Mancing (Ikan Mas)


Beberapa ramuan umpan ikan berikut ini digunakan untuk satu hari pemancingan. Jika dianggap terlalu banyak maka takaran menu dapat anda ubah sendiri sesuai dengan perbandingannya.
RAMUAN UMPAN (1)
3 kg ikan mas atau belut
cara membuat :
Bila memakai ikan mas, buang isi perut dan insangnya, kukus hingga masak. Untuk belut, masukan saja ke dalam kantong plastik bening dapat juga ditambahkan daun pandan dan sedikit daun sereh, kukus hingga matang.
Cara pakai cukup diambil dagingnya saja, kaitkan pada kail.
RAMUAN UMPAN (2)
30 Tongkol jagung muda
1,5 ons singkong
0,5 butir kelapa muda
1 blok keju Kraft
Roombutter Weijmans secukupnya
5 butir kuning telur bebek ( boleh tidak dipakai )
3 kg kroto (kroto beras)
Cara membuat :
Jagung, singkong, kelapa muda dan keju diparut lalu dicampurkan dengan sisa bahan dan diaduk rata. Adonan dibungkus rapat dengan alumunium foil. Dikukus selama 2 jam dengan api kecil, air sudah harus mendidih saat adonan dimasukkan. Kroto dicampurkan saat umpan akan dipakai.

RAMUAN UMPAN (3)
5 kg ubi jalar
2kg daging belut
Ocoy (pengeras umpan) secukupnya
2 kg kroto
Cara membuat :
Ubi jalar dikupas. Ubi jalar, daging belut, dan ocoy dicampurkan kemudian dihaluskan dengan blender. Ocoy fungsinya sebagai pengeras. Bila tidak ada, bisa diganti dengan tepung mie atau susu bubuk. Saat akan dipakai, adonan dicampur lagi denagan kroto.
RAMUAN UMPAN (4)
1 kg ubi kuning
20 tongkol jagung manis
1 pak keju Kraft (250 g)
250 gram mentega
3 kaleng ikan tuna
250 gram Bubur bayi Cerelac rasa pisang
10 ekor belut
8 butir telur (bagian kuningnya saja)
Susu murni secukupnya
1 kg kroto
Cara membuat :
Ubi, belut dan parutan jagung manis dikukus terpisah. Untuk jagung kukus setengah matang saja.Parut ubi dan keju, haluskan daging ikan tuna dan daging belut. Campurkan semua bahan di atas tadi aduk hingga rata. Untuk kroto dicampurkan saat umpan akan dipakai.

RAMUAN UMPAN (5)
2 bungkus Indomie kari ayam
4 butir telur ayam kampung
2 sendok makan penuh bubur bayi Nutrisia beras
1 sendok makan susu bubuk Infamil
2 sendok makan roombutter Weijmans
1 sendok teh keju Kraft
1 sendok teh bubur bayi Cerelac beras
Cara membuat :
Indomie diblender sampai halus lalu diaduk dengan kuning telur yang sudah dikocok. Roombutter dipanaskan sampai mencair. Ke dalamnya lalu dimasukkan keju parut dan diaduk. Pemanasan diteruskan dengan api kecil. Bahan-bahan lain kemudian dicampurkan. Selama pengadukan, api harus tetap kecil supaya adonan tidak hangus. Setelah warnanya agak kuning, bubur bayi Cerelac beras dimasukkan dan diaduk lagi. Adonan didinginkan sebelum dimasukkan kedalam kaleng untuk disimpan. Cerelac berfungsi untuk pengeras umpan. Apabila saat dipakai umpan terlalu lembek ( mudah hancur ), tepung Cerelac dapat ditambahkan lagi. Sebelum dipakai umpan harus dicampur rata dengan telur semut merah atau kroto secukupnya.
RAMUAN UMPAN (6)
1,5 bungkus mie instan
3 sendok makan pelet
2 ons kelapa parut
2 ons ubi jalar putih atau kuning
2 ons ikan tongkol segar atau olahan
1,5 ons susu bubuk full cream
4 butir telur bebek ( mentah atau asin )
1,5 ons keju
2 ons kroto
3 tetes esen nangka
Cara membuat :
Mie instan dan pelet dibuat menjadi tepung, kelapa parut dibuat santan dan digodok sampai keluar minyaknya. Ubi jalar dikupas dan dicuci bersih lalu dikukus sampai matang. Ikan tongkol dicuci bersih dan dikukus sampai matang. Kulit dan duri ikan dibuang kemudian ikan digoreng dengan minyak hasil rebusan santan kelapa.Telur bebek mentah digodok sampai matang dan diambil bagian kuningnya. Keju diparut. Semua campuran bahan diaduk atau ditumbuk bersama susu dan esen sampai benar – benar halus dan tercampur dengan baik. Kroto diseduh dengan air mendidih. kotoran dan semut yang masih ada dibuang lalu ditiriskan dengan sedikit diperas. Kroto dicampurkan dengan umpan pada saat mulai mancing.
RAMUAN UMPAN (7)
2 tongkol jagung manis (sweetcorn ) muda
1,5 ons ubi jalar manis
1 ons singkong
0,5 ons keju Kraft
2 kuning telur ayam kampung
0,5 sendok teh gula pasir
0,5 sendok garam
1 ons kacang tanah
2 ons kacang mete
mentega secukupnya
Cara membuat :
Kacang mete dan kacang tanah digoreng dengan mentega, setelah matang keduanya kemudian diblender sampai benar-benar halus. Jagung muda, ubi jalar, dan singkong dikupas lalu diparut sampai halus demikian juga keju kraft dihaluskan, diaduk jadi satu dengan bahan-bahan yang lain, kemudian dibungkus, dikukus dengan api besar sampai matang. Pada saat digunakan, umpan umpan jagung ini harus dicampur dulu dengan kroto atau daging belut.
RAMUAN UMPAN (8)
3 buah ubi jalar manis
1 kaleng Tuna (Tuna in oil)
2 bungkus Chiki Snack keju
2 bungkus pelet merah
1 tutup botol minyak ikan (Scott’s Emultion White)
Cara membuat :
Kukus ubi jalar, parut dan haluskan. Remas Chiki Snack hingga hancur, campurkan dengan adonan aduk lagi sampai rata. Tuna kaleng dibuka tuangkan minyaknya saja tambahkan sedikit air tuang lagi ke adonan (daging ikan dapat dipakai ke umpan lain). Masukkan pelet dan minyak ikan Scott’s, aduk hingga merata. Campurkan kroto atau daging belut saat akan dipakai.
RAMUAN UMPAN (9)
20 tongkol jagung manis
1/3 kelapa ukuran sedang.
1 kg ubi kuning
1 blok keju Kraft
3/4 sendok makan mentega Weijmans
8 butitr telur bebek
1 liter susu sapi murni.
Bahan campuran lain :
4 ekor bandeng hitam basah
2 Kg kroto putih segar
Cara membuat :
Jagung dan kelapa digiling halus. Ubi kuning dikukus lalu diparut. Keju diparut. Susu sapi dimasak diatas api kecil sambil terus diaduk hingga tinggal 6 sendok makan. Telur bebek ( 5 butir campur dan 3 kuningnya saja ) diaduk dengan mixer pada kecepatan tinggi. Jagung, kelapa, ubi, keju, susu sapi, dan mentega dicampurkan ke adonan telur sambil terus diaduk pada kecepatan tinggi. Umpan siap dipakai. Catatan : Jika akan dipakai mancing pada pagi hari, umpan harus dibuat malam hari dan harus sudah jadi tepat menjelang pagi.
Cara memakai : Kroto puith sebanyak 1/2 dikukus lalu dicampur pelet. Gunakan sebagai bom. Kroto dikukus dengan maksud agar bisa tenggelam. Seperti biasa, sebelum dipasang umpan harus dicampur lagi dengan kroto di bagian luarnya. Jika ikan mas di kolam ternyata menyukai umpan amis, selain kroto, adonan boleh dicampur lagi dengan daging bandeng yang sebelumnya telah dikukus dan dihaluskan. Daging bandeng bisa dicampur langsung ke adonan atau hanya dibagian luar.
RAMUAN UMPAN (10)
2 kg kroto beras
2 butir telur ayam
500 gram tepung ketan
Daun pandan
Cara membuat :
Rendam kroto dengan air panas, bersihkan hingga tersisa yang putihnya saja. Kocok telur, tambahkan tepung ketan, aduk dan ratakan tambahkan sedikit air agar adonan tidak liat (agak encer). Masukkan kroto sedikit demi sedikit, aduk secara perlahan agar kroto tidak terlalu hancur. Gunakan daun pisang untuk membungkus adonan tambahkan daun pandan agar menjadi wangi, jadikan beberapa bungkus kecil. Lalu dikukus dengan api kecil. Saat akan dipakai beri kroto segar, tak perlu diaduk, pulungan umpan cukup diguling-gulingkan saja pada kroto. Jika umpan terlalu lembek dapat ditambahkan pengeras.
RAMUAN UMPAN (11)
150 gram ubi jalar
100 gram singkong
2 tongkol jagung manis
50 gram keju
2 kuning telur ayam kampung
1,5 sendok makan gula
1,5 sendok garam halus
50 gram kacang tanah goreng
50 gram kacang mete goreng
Cara membuat :
Kukus ubi jalar, singkong, dan jagung manis sampai setengah matang. Parut keju kemudian aduk rata bersama kuning telur. Giling kacang tanah dan mete dengan blender, goreng sampai halus. Tambahkan ubi jalar, singkong, jagung yang telah dikukus, keju dicampur kuning telur, garam, dan gula. Blender sekali lagi hingga halus dan tercampur merata. Kukus adonan yang telah diblenderdiatas cetakan kue beralas daun pisang kurang lebih 30 menit. Campurkan kroto sewaktu akan digunakan.

Lokasi Kolom Mancing Jawa Barat dan Jakarta

Pemancingan & Galatama MINA ASRI
Lokasi persis sebelah pintu masuk/gerbang Perum.Tegal Asri – Cilacap
Telp.(0282)- 5072997

Pemancingan Cibarengkok
Lokasi: Kampung Babakan Asem, Rt 2/Rw 2, jl. Neglasari, Desa Cibarengkok , Bojongpicung – Ciranjang, Cianjur.
Luas kolam 18X15 m, dari jam 6.00 sampai dengan jam 17.00. tersedia makanan di lokasi pemancingan
Peminat bisa menghubungi HP. 081221840106

Pemancingan Telaga Mas
jl. raya sawangan – depok telp. 02518610859, hp. 081383981823

Kolam Pemancingan Galatama Baru
CIKUTA MAS AYU

Jarak lemparan 24m lebar lapak 2.5m jumlah lapak 36 lapak
Jl. Raya Talaga Majalengka JABAR 45463
Telp. 0233 3336888
email : cma@hotmail.com

Pemancingan Empang Bahagia
Jl. Ks Tubun No 3, Rt.04/04 
Kel. Pasar Baru Kec. Karawaci Tangerang Banten Indonesia Hp. 081317003716

Lembah Indah Pemancingan
Kp Ciburial RT 002/08
PADALARANG
022-6806438

Pemancingan Bandeng Tirtayasa
Jl Grumbul Kreong
CILACAP
0282-5500018

Pemancingan Mustika Banten
Kp Sukawana RT 007/03
SERANG
0254-219942

Ratu Mas Ayu PT
Jl Raya Purwakarta Km 27,7
PADALARANG 40554
022-6805520

Situjanggala Pemancingan
Ds Panawun RT 001/01, Babakanjati, Babakanjati
LINGGARJATI 45556
0232-613898

Tegar Pemancingan
Jl Raya Pandeglang 1 RT 002/02
SERANG 42121
0254-212165

Wulandira Purnama PT
Jl Raya Cilegon Km10/33, Kramatwatu
SERANG 42161
0254-230017

Pancingan Pantai Timur
Jl Tmn Impian Jaya Ancol 36, Ancol, Pademangan
JAKARTA 14430
021-6402589

Pemancingan Murah Meriah
Jl Kp Pisangan 10 RT 011/06, Penggilingan, Cakung
JAKARTA 13940
021-4613625

Pemancingan Puspita
Jl Raya Pd Gede 465 8, Halim Perdanakusumah, Makasar
JAKARTA 13610
021-8009749

Tirta Telaga Biru
Kp Melayu Brt 11-C RT 004/11
JAKARTA 15510
021-55931604

Pemancingan Bambon
Jl. Raya Lenteng agung selatan Gg. gardu ( setelah SMUN 109 ) 
serengseng sawah jagakarsa
jakarta selatan telp : 021- 986 608 01

Lampung
Kolam Pancing Tabek Indah
Natar – Bandar Lampung

08127962525
Kolam Pancing Bhillick Pesangrahan
Jl. Meruyung Raya, Gg. Muhasyim [+1 Km dari Masjid Kubah Mas] 
Kp. Parung Bingung, Kel. Rkp Jaya Baru, Kec Pancoran Mas – Depok Telp : 021.9354.9591 [Iqbal Mujaddid]
Ada yang mau nambahn silahkan diisi dikolom komentar.

Terima kasah semoga bermanfaat...STRIKE.... !!!!!

Ada yang mau menambahkan,,,
Baca juga artikel tentang tentang : Mitos Ketika Memancing 
Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat dan Dapat Banyak ...
STRIKE...!!!

Mau menambah penghasilan dari blog ini, caranya mudah dan dijamin ketagihan. Klik : RIEFSAZ ONLINE STORE

Ingin Foto anda terpajang diblog ini Klik : Disini !

Admin : Bang Kamplenk - Media Inspirasi -Solusi-Artikel -Tips Trik -Tutorial Blog

riefsazAnda telah membaca JATIMAS FISHING : Tips Memilih Joran, Penggulung, Kail, Kenur dan Umpan Pancing. Sobat boleh Menyebarluaskan artikel ini, Jangan lupa mencantumkan link di bawah ini sebagai sumbernya agar terhidar GOOGLE PANDA Ingin bertukaran Link klik Tukeran Link Ingin selalu terhubung dengan blog ini klik Follow Me, I Follow Back

2 komentar:

  1. Tips yang bermanfaat sekali untuk penggemar olahraga memancing, apalgi buat ane yg masih baru di dunia memancing.
    Ditunggu tips-tips selanjutnya y kawan :)

    ReplyDelete
  2. Anonymous09 July, 2012

    Ane tambahin dikit ya bro...

    1. Telaga Baru Jl. Raya Jati Mekar No. 10 Pondok Gede. 021-99158 111-Mustika – Agung
    2. Pemancingan Hesa Rajeg, Jl. Raya Rajeg, Mauk Tangerang 021- 9933 1140- aping
    3. Pemancingan Puas, Kampung Buaran, cikokol Tangerang 021-967 78385- Johan.
    4. Fishing Valey, Jl. Raya Pemda No. 107 Bogor tlp. ( 0251 ) 662 808
    5. Lagena Jl. Raya Darmaga Bogor Tlp. (0251 ) 624 743
    6. Mulya, Jl. Pagentongan No. 17 Desa Pasir Mulia Bogor Barat,
    7. LULA-LULA Perumahan Telaga Kahuripan Aquapark Plaza Haihoo, Jl. Raya Parung Km. 47,5 Parung, Bogor. HP. 0813 824 165 99 – Yadi.
    8. Jamhur, Jl. Raya Darmaga ( Dekat SMU BBS ) Batu Ulung Bogor Hub. ( 0251) 629 858- 627 470. 0812 1310847 Jamhur
    9. Setu Cibentang Jl. AMD Cibentang Parung Bogor Hp. 0815 9900953 H.T. Azhari
    10. Puri Taman Kahuripan d/a Kampung Kaum Desa Pabuaran Kecamatan Kemang Kiara, Bogor tlp. 0251- 7534 379 atau 021- 3298 2020
    11. Cibalok, Gang limex, Ciawi Bogor, Hub. 0817 9876548 Pak. Aang.
    12. Aneka Bendungan Jl. Bendungan Km 2 Ciawi, Bogor Hp. 0813 10294039 –Udi
    13. Pemancingan Prima, Jl. Raya perjuangan, Gerbang Perum Prima Harapan, Bekasi utara Tlp. 021- 715 86 777
    14. Pemancingan Pacu Jl. Talas III (samping Univ. Terbuka 0816 1979 891. 0888 8117 162. (021) 5020 3659
    15. Telaga Mita Jl. Raya Rorotan, Jakrta Utara (021) 9917 4246
    16. Garuda Mas Jl. H. Salim Rt.003/010 Belakang Keramik Kelapa Dua, Cimanggis, Depok. 0813 10029526- 0812 10642182
    17. Bukit Indah Jl. H. Juanda, Cisalak Depok 0856 95381486- Ajat
    18. Gas Alam Komp. Pertamina Gas Alam, Depok. 0813 18554190-udin
    19. Telaga Kebagusan Jl. Kebagusan Dalam IV Gang Swadaya RT 09/04 Pasar Minggu Jakrta Selatan. (021) 7883 3886 Pak. Hamin
    20. Enung Jl. Masjid RT.01/07 Sudimara Timur , Cileduk, Tangerang Tlp. 021 733 4360- Pak Enung.
    21. Asri Telaga Porong Jl. Pekayon Jaya RT. 04/03 Bekasi Selatan. 021-9284 0868 HP. 0813 17466602 Mat Sanih.
    22. Pemancingan 31, Peninggaran, Jakrta Barat
    23. Pemancingan Poncol Kartini, Disamping Villa Kartini Bekasi Timur
    24. Pemancingan Telaga Indah, Jl. Raya Inpres 19 ( samping perumahan Mahkota Simprug) Ciledug, Tangerang 021- 734 41255. Enzen Junaidi
    25. Pemancingan Joglo Galatama Ikan Lele, Jl. Raya Joglo, Gang Warung Sayur Asem RT. 02/ 06 Keluraha Joglo Kembangan, Jakrata Barat. 021- 7047 7353- 4649 9078 indra-Yudi/Vivin
    26. Pemancingan Pawon Mega, Cirebon
    27. Kolam Pancing Wira Guna Desa Susukan Kec. Cipicung/ Ciawi Gebang Kab. Kungingan- Jawa Barat. 0813 2042 3312
    28. Varadha, Jl. M. Kahfi 1 Gg. Menara Tower, Belakang Madrasah Aliyah Ciganjur, Jak- Selatan. 0813 11673350
    29. Tirta Nirwana Jl. Kemakmuran RT.04/02 Kel. Marga Jaya Bekasi Selatan Hp. 0856 1414747- Agus
    30. Karya Bakti Jl. Karya Bakti RT.03/03 Gng Darkum, Parung, Serab, Ciledug, Tangerang. 021- 732 7768
    31. Prambos, Bojong Sari Sawangan Depok. 0813 86688336- Bambang
    32. Lubana Sengkol, Terminal Muncul, Kampung Sengkol, Kel. Muncul, Serpong. Jl. HK. Hutama Karya Ke. 1,5 tlp. 021- 3399 5669 – 7023 3701
    33. Telaga PUP, Pasar Blok A. Kelurahan Jatiasih, Pondok Ungu, Bekasi 0856 971 22025 Agus Wewe.
    34. Sekar Jl. Harapan 3 A Rt. 006/010 Cipinang Melayu, Jakarta Timur 0813 815 16151-Apang
    35. Teluk Naga Fishing Klub Jl. Tanjung Pasir Km 7 Teluk Naga Tangerang 0817 138 720- 0817 138 716 – Wuwuh
    36. Jambu Mede, Jl. Sinar Kompleks Peruri Peninggilan Ciledug, Tangerang. 0813 840 32210 Enjen.
    37. Kolam Pancing ikan Tombro Yala Lestari. Jl. Memet No. 03-05 Komplek AL-Kenjeran SURABAYA. Tlp. 031-382 3059
    38. Pemancingan Pemancingan Waduk Kulila, Jl. Raya Pondok Gede
    39. Telaga Tongyang, Jl. Kali Malang Jembatan II Tol Bekasi Timur.
    40. Pemancingan Bang Bachri, Jl. K.P. Sumur RT 007/010 Klender Duren Sawit, Jakarta Timur.

    Kalo mau gabung boleh ga bro...(ngarep)

    ReplyDelete

Silahkan sobat tinggalkan jejak di bawah ini...NO.SPAM
Dengan Memberikan Komentar Secara Otomatis akan Mendapatkan Pagerank, Traffic dan Backlink.

 
To Top Page Up Page Down To Bottom Auto Scroll Stop Scroll