Tips Memilih Sofware Akuntansi

Bingung memilih accounting software ? Pernah kecewa terhadap accounting software tertentu? Bagaimana memilih accounting software yang tepat untuk organisasi anda?

Memilih accounting software yang tepat seperti meng-hire seorang konsultan anlis keuangan senior sekaligus book keeper. Tidak mudah memang. Begitu banyak accounting software yang beredar. Semuanya menyatakan dirinya memiliki feature lengkap, user-friendly, bugs-free, multi-user, compatible dengan ini dan itu, menawarkan kemudahan-kemudahan. Didukung dengan penampilan yang artistic, clean dan professional.

Bagaimana anda yakin bahwa itu semua benar ? Bagaimana kita bisa tahu itu benar atau provokasi dagang semata? Di mana anda bisa mendapatkan informasi yang benar, jujur apa adanya? Apakah yang anda inginkan hanya sekedar accounting software yang bisa menjurnal, membuat buku besar, membuat laporan keuangan, disertai laporan pajak saja ? Atau sebuah system flexible yang mampu menghasilkan variasi laporan untuk keperluan business analysis, bisa mendorong produktifitas dan pemangkasan biaya?

Ada kesalahan lazim yang sadar atau tidak kita lakukan dalam menilai dan memilih suatu software, terlebih lebih accounting software, diantaranya:
  1. Asal cepat dan jadi.
  2. Terpesona oleh penampilan
  3. Asal murah
dan lain sebagainya…
Ada satu kesalahan persepsi umum yang sangat mendasar dalam mempersepsikan accounting software dan tools pada umumnya: Kita menyerahkan segala sesuatunya kepada accounting software, bahkan kita di lead (di dikte dan diatur) oleh software. Kita pikir software dan artifical intelligent bisa menggantikan fungsi manusia.
Yang bisa anda tanyakan adalah “accounting software  mana yang dapat memenuhi kebutuhan anda di masa sekarang dan masa yang akan datang”.
Perlu disadari, bahwa mengambil pilihan yang salah saat ini, sangat mungkin akan membuat anda harus mengeluarkan dana untuk membeli accounting software baru dalam 1 atau 2 tahun ke depan.

Setelah anda berhasil menentukan accounting software mana yang sesuai dengan kebutuhan organisasi anda berdasarkan feature dan fungsinya, selanjutnya yang perlu anda pertimbangkan adalah kemudahan dalam pengoperasiannya (user friendly atau tidak), termasuk seberapa nyaman anda dalam mengguanakan software tersebut.
Accounting software digunakan untuk dapat membantu mempercepat pekerjaan anda. Jika suatu accounting software malah memperlambat proses pekerjaan karena sulitnya pengoperasian, atau membutuhkan waktu yang lama untuk dapat mengoperasikannya secara optimal, maka sebaiknya accounting software tersebut anda masukkan ke dalam daftar paling akhir.
Untuk memastikan hal ini, maka kunjungilah situs resminya, lalu download versi demo (trial)-nya. Jika tidak ada, download dan pelajarilah manual (petunjuk cara pengoperasiannya), dari sana anda akan memperoleh gambaran mengenai user friendly atau tidaknya suatu accounting software.

Setiap accounting software (bahkan semua software) menyatakan dirinya sebagai user-friendly software. Tetapi, tidak sedikit dari accounting software yang memasang user friendly tersebut membutuhkan praktek dan training yang lama untuk bisa mengoperasikannya secara optimal.

Jika feature dan function sudah sangat sesuai dengan kebutuhan anda, akan tetapi anda tidak yakin mengenai “user-friendly” atau tidaknya saja, maka anda dapat menghubungi pihak developer (pembuat software) atau agent-nya untuk menanyakan: apakah mereka menyediakan training, berapa lamanya waktu training yang akan dibutuhkan, sampai sejauh mana developer menyediakan support.

Support adalah sangat dibutuhkan. Sudah sangat sering saya membaca, dimana user (pengusaha/perusahaan) yang mengeluhkan accounting software yang dipakainya. Memang harganya murah, tetapi supportnya sungguh sangat mengecewakan. telah begitu banyak data keuangan yang tersimpan didalamnya, tetapi begitu ada masalah, pihak developer sama sekali tidak menunjukkan itikad kuat untuk mencarikan solusi.
Itu mengerikan ! So, support menjadi salah satu pertimbangan penting.

Sumber.Keuanganlsm.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan sobat tinggalkan jejak di bawah ini...NO.SPAM
Dengan Memberikan Komentar Secara Otomatis akan Mendapatkan Pagerank, Traffic dan Backlink.