Tips Membuat Proposal Hidup

Proposal Hidup

Ingin hidup anda lebih sukses dan mulia ??? Terkadang saya berfikir apa sih kelebihan saya? saya sendiripun tidak tahu, gimana sih agar bisa menjalani kehidupan ini lebih bermakna? berikut tulisan yang sangat mengispiratif yang saya dapatkan dari seorang inspirator yaitu dari bapak Jamil Azzaini yang telah sukses dan membagikan tipsnya mengenai Tips Membuat Proposal Hidup , Silahkan dibaca dibawah ini :

Saya punya kebiasaan sejak kecil yang berdampak besar dalam kehidupan saya, yaitu membuat Proposal Hidup.  Dari semua yang saya tulis di Proposal Hidup hampir semua mewujud dalam kenyataan. Pada awalnya ada orang yang meremehkan dan menghina  apa yang saya tulis, tapi saya jawab dengan membuktikannya.

Dari keluarga yang sangat miskin di Lampung, saya bisa mewujudkan mimpi untuk menjadi Insinyur Pertanian dan dosen. Bahkan yang terjadi saat ini, melebihi impian saya sewaktu kecil. Bukan hanya Insinyur Pertanian, saya juga melanjutkan kuliah di Pascasarjana IPB (lulus 2003).  Saat ini saya juga Inspirator SuksesMulia, penulis buku best seller, pengusaha, pengkader wirausaha dan pengkader trainer,  serta penggagas Gerakan SuksesMulia.
Saat inipun saya sedang menjalankan Proposal Hidup yang saya tulis sejak 2004.  Proposal hidup itu telah mengalami beberapa kali revisi yakni pada tahun 2006, 2007 dan 2011.  Semua gerak langkah saya saat ini dalam rangka pencapaian Proposal Hidup yang sudah saya ajukan kepada Allah, Sang Maha Kuasa di Tanah Suci. Hasilnya, semua yang saya ajukan kepada Yang Maha Mendengar ketika saya umroh dan haji (2004, 2006 dan 2007) semuanya terwujud sesuai dengan waktunya, alhamdulillah.

Bagaimana saya membuat Proposal Hidup?
Langkah pertama, saya mencari tahu dan kemudian menuliskan semua kelebihan dan kekuatan yang ada pada diri saya. Beberapa diantaranya kekuatan saya yang jarang dimiliki orang lain adalah pengalaman perjuangan hidup yang saya alami, dimana sejak SMP saya sudah mencari biaya sendiri.  Selain itu, saya juga punya kelebihan dalam hal “story telling”, kemampuan memberdayakan orang-orang tertindas, kemampuan mengkader dan lain sebagainya.

Ternyata dengan menuliskan hal itu, saya semakin bersyukur kepada-Nya.  Saya akhirnya tahu bahwa dengan bersyukur ternyata hidup semakin bahagia.  Sayapun semakin takut membuang waktu percuma, enggan melakukan hal-hal yang tidak memberi manfaat untuk diri dan kebanyakan orang. Dampak lainnya, saya jarang mengeluh dan berpikir negatif.
Nah, sekarang saatnya Anda merenungkan apa kelebihan dan kekuatan Anda yang jarang dimiliki oleh orang lain? Renungkan.  Bila sudah ketemu, ayo segera tulis. Jangan hanya ada di pikiran.. [Eh… bandel ya, ayo tulis kelebihan dan kekuatan Anda sekarang juga].
Bila Anda belum bisa menemukan, waspadalah Anda akan sering kalah bersaing dengan yang lain yang tahu kekuatannya dan memanfaatkan kekuatannya. Jadi segera temukan dan tuliskan, jangan sepelekan hal ini.

Langkah kedua, temukan dan tuliskan prestasi terbaik yang akan Anda capai selama Anda hidup di dunia.  Dengan prestasi ini, orang tua Anda bangga. Pasangan hidup Andapun tidak menyesal mendampingi Anda. Putra-putri Anda penuh percaya diri punya orang tua seperti Anda. Nama Andapun dikenal oleh generasi-generasi setelahnya.  Yang lebih penting lagi, dengan prestasi itu Anda pantas meminta Surga dari-Nya.
Sebagai contoh… Prestasi terbaik saya adalah ingin menginspirasi lima juta orang dan satu juta diantaranya terangkat harkat dan martabatnya.

Apapun yang saya lakukan saat ini dalam rangka mewujudkan impian itu.  Saya menjadi inspirator, menulis buku, mengkader wirausaha, mengkader trainer, membangun perusahaan bahkan menghidupkan Website JA (JamilAzzaini.com) adalah dalam rangka impian itu.  Ternyata, cara inipun menjadikan saya fokus dan mengetahui prioritas.  Semua hal yang berhubungan dengan prestasi yang hendak saya raih adalah prioritas.
Nah, sekarang giliran Anda, tuliskanlah apa prestasi terbaik yang akan Anda torehkan selama hidup di muka bumi? Ingat ya, prestasi terbaik (tertinggi) selama hidup, bukan prestasi tahunan. Tuliskanlah sebanyak-banyaknya kemudian setelah itu rangkumlah menjadi satu kalimat seperti impian saya. Ayo tuliskan! Bila perlu tuliskan di sini agar orang lain tahu dan mendoakan Anda…  Ayo, segera tuliskan sekarang juga prestasi terbaik yang akan Anda torehkan!

Apakah Anda sudah menemukan apa kekuatan atau kelemahan Anda? Apakah Anda juga sudah menuliskan prestasi terbaik yang akan Anda capai selama hidup di dunia? Jika sudah, selamat Anda telah menemukannya dan jangan lupa tuliskanlah (baca Proposal Hidup 1). Bila belum menemukan, berhentilah sejenak dan jangan sepelekan hal ini.

Sekarang mari kita lanjutkan untuk membuat Proposal Hidup. Pada langkah kedua, Anda harus menuliskan prestasi terbaik yang akan Anda raih selama hidup. Itu adalah capaian jangka panjang. Sekarang buatlah target tahunan, apa yang akan Anda capai pada tahun ini?
Untuk memudahkan rincilah target tahunan Anda. Di dalam Proposal Hidup saya, tahun 2011 targetnya saya rinci berdasarkan: perusahaan, spiritual, media, pemberdayaan dan keluarga. Untuk perusahaan targetnya ada yang keuntungannya meningkat dua kali hingga sepuluh kali.

Sementara dalam aspek spiritual saya ingin sholat dhuha setiap hari, sholat tahajud setidaknya 80 persen (300 hari) dalam setahun. Selain itu sebelum tidur saya selalu bersyukur atas semua nikmat dan karunia hari itu.
Sedangkan di aspek media, target 2011 dalam Proposal Hidup yang saya tulis awal tahun itu saya tuliskan: follower twitter saya mencapai 15 ribu orang. Ketika itu follower saya baru 2512. Target 15 ribu follower menurut saya sangat menantang. Dan, alhamdulillah, target itu telah tercapai Mei 2011.

Selain twitter untuk media target saya tahun 2011 adalah menulis untuk Website JA (www.JamilAzzaini.com setiap hari (Senin-Jumat) minimal satu tulisan. Dan Alhamdulillah sampai saat ini target itu tercapai sehingga Anda bisa menikmati tulisan saya setiap hari di web ini.

Nah sekarang tuliskan target Anda dalam satu tahun. Sekali lagi rincilah sesuai dengan kebutuhan Anda.  Bisa dikelompokkan ke dalam spiritual, financial, kesehatan, hubungan sosial kemasyarakatan, bisnis, karir dan lain sebagainya. Semua pilihan terserah Anda.
Ayo berhentilah sejenak, tuliskanlah target Anda tahun ini. Rasakanlah, hidup Anda akan lebih bergairah dan penuh warna. Selamat mencoba.

Saya berharap Anda sudah menemukan kekuatan dan kelebihan Anda. Selain itu, saya harap Anda juga sudah menemukan apa prestasi terbaik yang akan Anda torehkan dimuka bumi. Jangan lupa, tentukan pula target tahunan Anda. Bila perlu tuliskan di halaman web saya ini..

Sekarang saatnya menuju langkah ketiga dalam membuat Proposal Hidup: Tentukanlah expertise apa yang ingin Anda kuasai.  Expert adalah orang yang paling ahli di bidangnya. Contohnya, kalau saya sebut siapa ahli pesawat? Habibie pasti salah satu nama yang disebut. Kalau saya sebut basket? Pasti nama Michael Jordan juga muncul. Mengapa? Karena, mereka adalah ahli di bidangnya masing-masing.

Bagaimana caranya menjadi seorang expert? Awali dengan menemukan keahlian dengan mengajukan pertanyaan: “Untuk  mewujudkan impian saya, keahlian apa yang harus saya kuasai? Apakah dengan keahlian itu, saya sangat yakin impian saya dapat tercapai?”
Atau dengan cara menuliskan pekerjaan atau aktivitas yang Anda cintai. Tulis pula pekerjaan atau aktifitas yang benar-benar ingin Anda kuasai. Lalu, temukanlah pekerjaan atau aktivitas yang Anda cintai sekaligus Anda ingin kuasai.

Mulai hari ini, fokuslah pada hal itu dan jadikan mengasah expertise yang sudah dipilih menjadi prioritas dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Agar mempunyai dorongan yang kuat untuk terus berlatih meningkatkan expertise, pastikan expertise Anda menghasilkan sesuatu dan memberi manfaat kepada banyak orang. Selain terus berlatih, Anda juga harus mencari komunitas yang mendukung peningkatan expertise Anda.
Setiap hari saya melatih kemampuan saya memberikan training melalui berbagai metode khususnya story telling. Mengapa? Karena memang saya ingin menjadi trainer yang sangat ahli di bidang itu.

Selain itu, saya juga ingin ahli dalam melahirkan orang-orang berbakat. Saya mendirikan Indonesia Inspiring Movement sebagai suatu wadah melahirkan trainer-trainer berkelas. Saya jadikan kegiatan ini sebagai prioritas dalam aktifitas sehari-hari.

Saya juga mendirikan Pesantren Wirausaha sebagai upaya melahirkan para wirausaha muda di Indonesia. Sejak tahun 2000, program ini sudah saya jalankan. Semua aktivitas itu mengarah pada satu keahlian bagi saya, yaitu Inspirator SuksesMulia. Apa maknanya? menginspirasi jutaan orang melalui training dan kaderisasi untuk mewujudkan kehidupan terbaik: SuksesMulia.

Nah pertanyaanya sekarang, Anda ingin ahli dalam bidang apa? Atau dengan kata lain, Anda ingin dikenal sebagai ahli apa? Ayo, tuliskanlah segera.
Salam Sukses Mulia!

Semoga artikel diatas bisa mebuat kita lebih baik dalam menjalani kehidupan ini, Minimal kita bisa membuat proposal hidup kita selama satu tahun kedepan, apa yang harus direncanakan agar hidup kita bisa bermakna itulah tujuan hidup, semoga bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. 

Semoga Bermanfaat Dunia Akhirat.

6 komentar:

  1. Saya ingin memiliki blog atau situs seperti detikcom dan dikenal menjadi seorang penulis buku best seller. amin.

    BalasHapus
  2. Terimakasih Mas, Tadinya saya mencari-cari bagaimana cara membuat proposal hidup seperti yang diceritakan temen akhirnya saya temukan di blog ini. Artikel yang bermanfaat. setelah ini saya akan mencari inspirasi dan merenunginya, Sukses Buat Bang Kamplenk dan Blog ini. smoga tetap menginspirasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga apa yg anda impikan di Acc oleh Nya. Amin

      Hapus
  3. Bagus banget mas... salam kenal!
    Kalo bgitu saya ingin....

    Menjadi dokter umum yang sukses dengan penghasilan rata2 perbulan 20 juta dan memiliki income pasive hingga mencapai 300 juta perbulannya agar saya bisa menyenangkan orang tua, keluarga dan masyarakat khusunya yang kurang mampu dengan membangun misalnya panti asuhan yatim piatu yang bisa menjadi bekal untuk kehidupan di akhirat nantinya. amin....

    Terimakasih atas tulisannya mas!
    Sukses dunia akhirat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan, pergilah ke tempat-tempat kamu ingin pergi. Jadilah seperti yang kamu inginkan, kerna kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan..Semoga apa yg semua kita mimpikan bisa tercapai :)

      Hapus

Silahkan sobat tinggalkan jejak di bawah ini...NO.SPAM
Dengan Memberikan Komentar Secara Otomatis akan Mendapatkan Pagerank, Traffic dan Backlink.