Apakah Google Panda itu ???

Panda oh Panda
Salam Blogger!
Sebagian sobat blogger Pasti masih ada yang bingung apa itu google Panda??? dan buat apa sih di bikin ama om google....Pada dasarnya Google Panda adalah hukuman dari Google pada sebuah blog/situs dengan cara penurunan ranking dan penurunan hasil pencarian Google (SERP). Karena blog tersebut diduga mengandung konten duplikat (copi-paste) dengan salah satu artikel di situs lain atau dengan artikel di dalam blog yang sama.

Sejak bulan Februari lalu, Google melakukan update untuk algoritma mereka, update ini dikenal dengan sebutan 'Panda'.
Berdasarkan informasi yang saya dapat,  update ini adalah peluncuran pertama di Amerika Serikat saja, di mana beberapa situs terkena imbasnya. Menurut survei terhadap beberapa SEO di AS, sekitar 40% menyatakan situs mereka memiliki perubahan dramatis dalam hal jumlah kunjungan setiap harinya setelah update. Google juga menegaskan bahwa sekitar 12% dari hasil pencarian, telah dimodifikasi oleh update 'Panda'.

Google Panda adalah algoritma baru pencarian yang digunakan Google untuk meningkatkan hasil pencarian melalui search engine google yang biasa di gunakan diinternet. Google Panda hadir dengan tujuan untuk search engine penghargaan peringkat tertinggi terhadap situs website atau blog yang memiliki konten berkualitas tinggi dan kredibilitas tinggi. Sebaliknya untuk website atau blog yang rendah akan konten berkualitas dan kredibilitas tinggi yang hobinya hanya Copy Paste tanpa di dasari ilmu pengetahuan dan sumber terpercaya akan menurun pada search engine bahkan bisa sampai tidak terindeks oleh mesin pencari.

Beberapa hal yang mungkin bisa menyebabkan blog kita terkena dampaknya:

1. Over Optimasi
SEO yang berlebihan bisa jadi boomerang untuk blog kita.  Seorang blogger terkadang berlebihan dalam hal ini. Misalnya ketika berkomentar di blog-blog dofollow terlalu intensif, memang hal ini perlu namun lakukan secara wajar, dan imbangi pula dengan berkomentar di blog nofollow.

2. Kepadatan kata kunci yang tinggi.
Sebagai contoh adalah artikel blog yang terlalu banyak mengulang kata-kata dan kalimat yang sama, padahal isinya nol besar.  Ini berpotensi dianggap spam terkena dampak google penguin. Yang perlu dilakukan adalah dengan memperbanyak variasi kta bukan dengan mengulang-ulang kalimat yang sudah ada.

3. Virus dan malware
Yaitu situs yang mengandung malware, sehingga google memberikan peringatan kepada kita sebelum masuk ke blog tersebut. Bahkan bisa saja blog kita di banned jika banyak laporan mengenai adanya malware di blog kita. Untuk mengetahuinya silakan masuk ke akun Google webmaster tools, disitu akan diketahui ada tidaknya virus atau malware tersebut.

4. Duplikasi Konten
Kesamaan judul dan seluruh isi artikel juga bisa berdampak terhadap blog kita. Karena itu jangan copas mentah-mentah isi postingan blog orang lain. Google sekarang sudah sangat cerdas, dan sangat membenci yang namanya duplikasi artikel alias copy paste artikel. Lantas bagaimana jika postingan kita original buatan sendiri namun tidak masuk halaman awal google, dan dicopas oleh blog lain tapi masuk halaman pertama misalnya.

5. Tingginya bounce rate.
Bisa dibilang bounce rate adalah rasio antara jumlah pengunjung dengan bukaan halaman (pageviews) postingan blog. Blog yang ringan, artikel menarik, unik dan menarik akan membuka lebih banyak peluang pageviews yang lebih tinggi. Begini, satu pengunjung yang masuk bisa jadi membuka lebih dari satu atau bahkan 10 postingan blog kita. Semakin banyak pengunjung membuka postingan kita, maka semakin rendah tingkat bounce rate blog kita. Ada rumus tertentu untuk menghitungnya, sehingga jika bounce rate semakin rendah, maka semakin bagus pula blog sobat di mata google. Semakin tinggi bounce rate, semakin berisiko blog kita terkena dampak google panda dan penguin dan terlempar jauh ke halaman belakang google search. Sobat bisa melihat ini di statistik blog, sebagai contoh sobat bisa menggunakan layanan gratis google analytics. Cara mengatasinya ialah dengan membuat artikel menarik dan loading blog yang ringanagar pengunjung betah.


Berikut tips SEO untuk menghadapi Algoritma Google Panda :

1. Dengan Cara Setting Onpage (Setting Blog)

Perhatikan meta robots dan juga meta verify dari google dan search engine lainnya terpasang dengan benar
Selalu Periksa validator dari css dan php website
Kurangi Penggunaan plugin yang tidak perlu
Gunakan meta description yang tepat untuk semua halaman
Buat sitemap.xml gunakan google webmaster tool
Gunakan heading tag sebagai indentitas penting
Pasang menu breadcumb

2. Dengan Cara Tehnik Offpage (Dari Halaman)

Daftarkan blog pada google webmaster tools, submit sitemap
Gunakan Template yang cepat loadingnya
Jangan lupakan pentingnya image ALT
Jangan lupakan pentingnya keyword density
Jangan sampai ada brokenlink pada web/blog anda
Cari Backlink sebanyak-banyaknya, dari web yang high backlink dan jangan yang low 
Mulailah mencari backlink dari article directory, social bookmark, dan rss directory,sebagai contoh silahkan sobat klik link banner yang ada di samping kiri (link Referral).
Lakukan ping secara berkala dan teratur
Mulai mencari backlink secara berfrekuensi secara natural bukan spamming
Intinya, Google Panda tidak suka dengan Website atau blog menitik beratkan kontes asli bukan copy paste dari tempat lain.

Ok Sobat gimana apakah sudah jelas...masih ada waktu untuk berbenah blog kita, karena yang disweeping Google panda pertama kali adalah dimulai dari situs/ Blog yang berbahasa Inggris terlebih dahulu.

Semoga Bermanfaat.

13 komentar:

  1. wah artikel yang menarik bang.

    oya follback #23 sukses.. makasih

    BalasHapus
  2. artikel bagus mas terimakasih :D :D

    BalasHapus
  3. Ooh gitu...jadi ketar ketir neh...
    Cabut....

    Oh ya Makasih Bang ;)

    BalasHapus
  4. Sekedar mengingatkan dan saling menghargai ;)

    BalasHapus
  5. nice info mas.
    kunjungi balik blogku ya http://rame-tips-menarik.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. KunBal Sukses gan...
      Terimakasih silahturahmi nya ;)

      Hapus
  6. Bang yang saya mau tanyakan "Selalu Periksa validator dari css dan php website, Pasang menu breadcumb" itu apa?
    o iya pada poin 2 juga
    Jangan lupakan pentingnya image ALT, Jangan lupakan pentingnya keyword density

    Makasih...
    Insinyur Pikun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Validator (V) :Alat ukur sejauhmana ketepatan & kecepatan dalam melaksanakan fungsi pencariannya karena setau saya sdh ada V5 yg semakin Update.

      PHP adalah singkatan dari: Hypertext Preprocessor",bahasa scripting yang terpasang pada HTML.tujuannya menulis halaman web terlihat dinamik dengan cepat.Hubungan PHP dengan HTML yaitu Halaman web biasanya disusun dari kode-kode html yang disimpan dalam
      sebuah file berekstensi .html. File html ini dikirimkan oleh server (atau file) ke browser, kemudian browser menerjemahkan kode-kode tersebut sehingga menghasilkan suatu tampilan yang indah.

      Image ALT : Untuk memberitahu mesin pencari tentang "apa gambar tersebut".(ex: lihat gbr panda diatas dibawah itu ada tulisannya). ALT =Alternative

      Hapus
    2. Oh... gampangnya bahasanya gini?? periksa validator CSS/PHP pada template web/blog kita?

      Gambar panda diatas ada tulisan "Panda oh panda", itu yang namanya Image ALT? Caption Image kang?

      Hapus
    3. yup...kurang lebih seperti itu, intinya : bukan hanya judul/ tulisan saja yg dibaca Serach engine tpi gambar juga bisa menjadi alternatif pencarian asal caption imagenya difungsikan ;)

      Hapus
  7. kalau artikel hasil translate termasuk artikel copy paste ga gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak...cuma harus diperbaiki ejaan & kata-katany karena hasil translite tidak 100% sama

      Hapus
  8. Apakah panjang artikel/jumlah karakter per artikel juga menjadi tolak ukur google panda Pak?

    BalasHapus

Silahkan sobat tinggalkan jejak di bawah ini...NO.SPAM
Dengan Memberikan Komentar Secara Otomatis akan Mendapatkan Pagerank, Traffic dan Backlink.