Spesifikasi & Harga Minerva R 150 VX


TEMPO, - PT Minerva Motor Indonesia (MMI), Selasa (27/4) akhirnya resmi meluncurkan model sport baru, Minerva R 150 VX. Generasi anyar Minerva R 150 itu dibanderol Rp 16,5 juta.
Meski ada berberapa fitur masih sama dengan generasi sebelumnya seperti monoshock absorber, rem cakram depan dan belakang , split jok, serta ban tubles, namun tampilan dan mesin mendapatkan sentuhan perubahan yang cukup siginifikan.

“Mesin masih 150 cc, tetapi mesin generasi baru itu mampu menghasilkan tenaga hingga 13,5 PS pada 9..500 rpm. Peningkatan itu berkat modifikasi yang dilakukan Sachs Germany,” tutur Kristianto Goenadi, Presiden Direktur PT MMI, di sela acara peluncuran motor anyar itu di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (27/4).

Mesin ini dilengkapi oil cooler yang berfungsi untuk mempertahankan kinerja mesin dalam suhu panas. Tak lupa, Minerva juga melengkapi teknologi advanced balancer shaft untuk meredam getaran pada mesin. Walhasil suara mesin lebih halus dan getaran saat berkendara juga minim.

Sedangkan fitur baru yang disematkan di R 150 VX itu adalah, head lamp yang menggunakan projection light, lampu sein LED, serta sistem suspensi upside down pada roda depan. “Dengan fitur baru itu kami yakin, R 150 VX ini akan menjadi trendsetter di kelasnya,” tandas dia.

Ihwal besaran banderol harga, Kristianto mengaku tidak terlalu mahal bila dibanding model lain di kelasnya. Terlebih teknologi yang disandang maupun fitur pelengkapnya juga diklaim selangkah lebih maju.

Kristianto mengaku, motor yang mampu digeber hingga 130 kilometer per jam itu termasuk irit bahan bakar. Dari hasil pengujian Minerva selama ini menunjukkan, tingkat konsumsi bahan bakar hanya satu liter untuk jarak 30 kilometer.

Motor yang ditawarkan dalam tiga pilihan warna yaitu hitam, putih, dan merah tersebut ditargetkan bisa terjual 30 ribu unit pada 2010 ini. “Kami optimistis mulai Mei – Desember bisa terjual 30 ribu unit. Dan model ini bisa mengantarkan bisa menggenggam pangsa motor sport hingga 15 persen,” kata Kristianto.
ARIF ARIANTO
MENEGASKAN eksistensinya di pasar sepeda motor tanah air, PT Minerva Motor indonesia (MMI) kembali meluncurkan produk anyar Minerva Sachs R 150 VX sebagai pengganti varian R 150 mereka.

Seperti tradisi yang sudah dimulai beberapa tahun terakhir, kehadiran produk anyar ini menonjolkan keunggulan di soal desain selain sedikit penyempurnaan pada teknologi mesinnya. Bisa dibilang merek Minerva Sachs merupakan pemain yang tergolong baru, namun berani berbeda.

"Kami selalu berupaya mewujudkan keinginan konsumen akan kebutuhan sepeda motor sport dengan desain futuristik dan tentunya lebih bertenaga. Kali ini kami menghadirkannya dalam sebuah produk andalan terbaru, Minerva Sachs R150 VX," ujar Presdir MMI Kristianto Goenadi di acara peluncuran R 150 VX di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (27/4).

Sebagai pengganti R 150 yang mirip produk Honda CBR 150, Minerva Sachs R 150 VX tampil lebih sempurna. Rancang bangunnya pun kini tak lagi menyontek melainkan mencoba mandiri dengan merangkul spesialis desainer sepeda motor Megelli dari Inggris untuk bersama mengembangkan desain R 150 VX.

Anda pun tak perlu terheran-heran jika kita akan melihat desain yang segar, sporti dan proporsional pada R 150 VX, karena Megelli merupakan desainer yang biasa 'dimintai tolong' untuk mendesain sepeda motor papan atas seperti Ducati, Triumph dan Polaris.

Masih menggunakan rangka deltabox seperti pendahulunya, desain R 150 VX kian terasa 'mahal' berkat bentuk tangkinya yang menyiratkan kesan sporti yang kental. Kesan motor sport sejati kian tegas dengan konsep full fairing yang diusungnya. Terlebih dengan kehadiran sepasang lampu lampu depannya yang berdesain lebih agresif dan seksi.

Fitur unggulan sebelumnya masih tetap dipertahankan seperti suspensi belakang monoshock, suspensi depan model upside down, rem cakram di depan dan belakang, spidometer kombinasi analog dan digital yang semuanya bekerja dengan sistem elektronik, serta jok terpisah antara pengemudi dan pembonceng.

Sentuhan terkini pun merambah pada sistem turn signal alias lampu sein yang menggunakan sistem pencahayaan model LED dan lampu depan proyektor seperti pada mobil-mobil premium.

Selain tampilan, R 150 VX juga mengalami penyempurnaan pada performa mesin berkapasitas 150 cc-nya yang kini memiliki tenaga maksimal sebesar 13,5 PS pada 9.500rpm yang sebelumnya hanya 12,5 PS. Kekuatan puntir mesinnya mencapai 10,5Nm (1,07 kgm) pada 7.000rpm.

Menurut Kristianto, dengan rasio kompresi mesin yang berada pada angka 9,2:1, R 150 VX cukup menggunakan bensin jenis premium. Namun menurut hemat kami, rasio 9,2:1 adalah wilayah angka yang ebih cocok jika menggunakan bensin beroktan 92 alias Pertamax yang lebih pas untuk mesin dengan rasio kompresi antara 1:9 hingga 1:10. Sementara Premium cocok bagi mesin dengan rasio 1:7 hingga 1:9.

Untuk meredam panas mesin SOHC bertransmisi 5-speed-nya, Minerva Sachs R 150 VX mengandalkan sistem pendingin tambahan berupa oil cooler selain pendingin udara langsung lewat sirip-sirip mesin. Fitur ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan keawetan mesin karena mampu menjaga suhu oli tetap dingin dan stabil.

Kristanto mengakui adanya getaran mesin yang berlebihan pada R 150 yang terdahulu, untuk itu, pihaknya menambahkan engine balancer shaft untuk mengeliminir getaran mesin pada R 150 VX.

"Kami mengakui adanya getaran mesin yang berlebihan pada generasi R 150 sebelumnya, namun itu telah kami kami perbaiki dan sudah tidak ditemui pada produksi kelima. Untuk R 150 VX, kami telah meminta kepada Sachs untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan. Mesin R 150 VX kini dilengkapi dengan engine balancer shaft untuk mengeliminir getaran sehingga mesin lebih halus," ungkap Kristianto.

Kristianto menambahkan bahwa Sachs Germany merupakan pabrikan sepeda motor tertua di Jerman sejak tahun 1886 yang secara konsisten memproduksi mesin sepeda motor berstandar Eropa dan diakui dunia. Di indonesia, di bawah bendera MMI, Minerva Sachs berkolaborasi dengan design company Megelli UK (Inggris) untuk merancang produk Minerva Sachs di masa yang akan datang.

Dengan sederet fitur canggih dan keindahan desain yagng dimiliki R 150 VX, Kristianto mengatakan bahwa dengan harga Rp16,5 juta on the road (untuk Jabodetabek), adalah harga yang cukup pantas. Ia juga menegaskan bahwa MMI akan menempatkan posisi produk-produknya sejajar dengan pemain lama dari Jepang.

Minerva Sachs R 150 VX tersedia dalam tempat pilihan warna: Putih, Hitam, Kuning dan Merah. (Cdx)
SPESIFIKASI MIVERVA SACHS R 150 VX 
Mesin SOHC
Silender tunggal dengan oil cooler dan engine balancer
Jenis Kopling Multiplate.
Kopling Basah
Final Rasio 2,533 Diameter x Langkah torak 61 x 49.5
Tenaga Maksimum 13.5 PS / 9.500 rpm
Torsi Maksimum 10.5 Nm / 7.000 rpm
Rasio Kompresi 9.2 : 1
Pengoprasian Gigi 1-N-2-3-4-5
Pengapian Digital CDI dengan Electric dan Kick Starter
Tipe Batterai 12 V-7 AH
Panjang x Lebar x Tinggi 1982 x 675 x 935 mm
Jarak Sumbu Roda 1365 mm
Jarak Terendah 195 mm
Berat Kosong 115 kg
Beban Maksimum 150 kg
Kapasitas Tangki 12 Liter
Suspensi Depan Upside down
Suspensi Belakang Mono Shock
Rem Depan dan Belakang Disc Brake Double Piston
Ban Depan 80/90-17
Ban Belakang 120/70-17
KEKURANGAN/ KELEMAHAN MINERVA 150 VX (berdasarkan pengalaman pribadi) :
> Sticker Pelindung (bening) mudah terlepas
> Karet Footstep mudah terkelupas
> Baut mudah berkarat
> Spakboard belakang Nyipret banget
> Parkir agak Susah/Ribet ditempat yang padat
> Nyucinya Susah
> Tidak cocok bagi yg memiliki tinggi badan dibawah 150 cm( tinggi Ane Aja 170 cm tapi masih jingke neh nunggangin motor ;)
> Bikin pengendara lainnya pada Ngiri,/ Berdecak kagum sampe melotot tuh liat motor ;p
GAMBAR MOTOR MINERVA 




24 komentar:

  1. pingin yg warna merah ei.... klo didaerah bekasi pesennya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di jatiwaringin, samping mayestik (deket2 giant pondok gede)

      Hapus
  2. waaahhh mau pesen d daerah yogya solo klaten di daerah mna yha????

    BalasHapus
  3. Bro Kalo Dibekasi tempat ngumpul nya dmana ya??

    BalasHapus
  4. Mantab banget speed nya . . .
    Top speed 132Km/Jam di Ring road Manado . . .

    BalasHapus
  5. cuy,klo di daerah jakarta timur khususnya di daerah TMII di mana nih club nya ?

    BalasHapus
  6. andik_jetis_lamongan14 Juni, 2011

    Gan, klo di Lamongan Minerva r150vx, harganya berapa y??
    Dealernya dimana gan??

    BalasHapus
  7. gan harga nasionalnya kira" brapa ya????,. ane naksir berat ma ni motor,. masalah performa gmn gan????, kelebihan n kekurangannya juga gan,.

    ane tinggal di DEMAK, JATENG,.


    tolong bls via email d

    sang_kuncen@yahoo.co.id


    butuh bgt pencerahannya,.

    BalasHapus
  8. ni motor tarikan nya lumayan gan, gak kya yang sebelumnya...top spead bs 135km/h tp klo bis di service + make pertamax gan bs 141km/h beda tipis sama vixi gan...vixi ane waktu tu 152km/h tu standard + make pertamax..tapi tarikan dr 80 - 100 lumayan agak berat sedikit tp begitu 100 ke 110 gak berasa....tinggal ganti karbu aj kayak nya tarikan bs sama kayak vixi...tu si menurut ane gan...

    BalasHapus
  9. Gan Gw Pengen Beli nih Si Jago Merah Minerva Kalo di Harapan Indah dimana Ya < Pls Kasi Tao jg Cara Pemeliharaannya n Kominitasnya d mana ?

    BalasHapus
  10. bro.. aku sh pgn beli gan..
    awet ato gak sh nh motor ?

    BalasHapus
  11. Awet bro ...Puas bgt dagh...!!

    BalasHapus
  12. .suku cadang, bengkel", perawatan, dll'nya gimana??

    BalasHapus
  13. Ane pake new minerva dan sudah ganti karbu PE 30 dan CDI Racing, gigi 3 120 km/jam

    BalasHapus
  14. gan q pgn tau harga minerva thn 2010
    Aq demen bgt ma tu kuda besi
    Please...
    Kasih tau hrg dan camp Minerva cirebon

    BalasHapus
  15. I really like what you guys are usually up too. This kind of clever work and exposure!
    Keep up the excellent works guys I've added you guys to blogroll.

    My site: http://gto120dlaocm402mfos02.com

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry Komentar Ane hapus...
      Kalau mo dagang silahkan klik "Pasang Iklan"
      Terima kasih ;)

      Hapus
  17. Gan, kabarnya ni motor bs pake suku cadang honda GL PRO, Mega pro ato tiger y? Klo bner, gmna gan performanya?
    Mhon pncerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ada beberapa sparepart yg nyambung...
      utk perform kurang ...namany juga Banci (barang Cina)
      lebih baik beli mtr mahal dikit, tapi joss !

      Hapus
  18. Gan kalo mau nurunin tinggi nih motor bisa kaga? Mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan ane pernah lihat tapi terlihat lucu aja ;)

      Hapus

Silahkan sobat tinggalkan jejak di bawah ini...NO.SPAM
Dengan Memberikan Komentar Secara Otomatis akan Mendapatkan Pagerank, Traffic dan Backlink.